PENYUSUNAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) SURAKARTA TAHUN 2009
Kurikulum merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia pendidikan, kurikulum yang baik akan mengantarkan peserta didiknya mencapai visi, misi dan tujuan yang telah disusun oleh suatu lembaga pendidikan. Adapun kurikulum yang diterapkan di SD Muhammadiyah PK Surakarta menggabungkan antara kuriku...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/7651/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Kurikulum merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia pendidikan, kurikulum yang baik akan mengantarkan peserta didiknya mencapai visi, misi dan tujuan yang telah disusun oleh suatu lembaga pendidikan. Adapun kurikulum yang diterapkan di SD Muhammadiyah PK Surakarta menggabungkan antara kurikulum pendidikan nasional dan kurikulum tambahan yang dikemas menjadi Kurikulum Sekolah Syariah (KSS). Karena menggunakan kurikulum inikah SD Muhammadiyah PK Surakarta menjadi salah satu SD unggulan di Surakarta.
Berdasarkan keterangan di atas maka skripsi ini membahas tentang penyususnan kurikulum SD Muhammadiyah (PK) Surakarta. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui cara penyusunan kurikulum SD Muhammadiyah (PK) serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi pengelola SD Muhammadiyah PK dalam mengembangkan SD Muhammadiyah PK. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan proses berfikir induktif.
Hasil penilitian ini adalah 1) penyusunan kurikulum di SD Muhammadiyah PK melibatkan a) tenaga ahli, b) komite sekolah, c) guru bagian kurikulum, d) guru koordinator mata pelajaran, e) guru mata pelajaran, melalui rapat kerja guru, 2) penyusunan visi, misi dan tujuan dengan menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami serta mencakup seluruh aspirasi pihak yang terkait, 3) siswa selain diwajibkan mengikuti program belajar mengajar juga diwajibkan mengikuti muatan lokal, 4) dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah setiap guru wajib membuat silabus dan RPP, 5) standar isi kurikulum memuat kurikulum nasional dan tambahan dan 6) faktor pendukungnya a) adanya disiplin guru yang tinggi, b) adanya fasilitas yang lengkap, c)adanya SDM yang mumpuni, faktor penghambatnya a) minimnya tenaga ahli dalam bidang kurikulum. |
---|