ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SABUN MANDI CAIR MEREK LUX

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persentase terbesar produk Lux cair berada pada variabel manakah dari tingkat brand loyalty pelanggan dan untuk mengetahui urutan serta bentuk susunan/tingkatan brand loyalty pelanggan pada produk Lux cair, dimana dalam penelitian ini merupakan study kasus...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRI , RINI SETYA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7496/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persentase terbesar produk Lux cair berada pada variabel manakah dari tingkat brand loyalty pelanggan dan untuk mengetahui urutan serta bentuk susunan/tingkatan brand loyalty pelanggan pada produk Lux cair, dimana dalam penelitian ini merupakan study kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dalam tingkatannya, peneliti membedakan brand loyalty menjadi beberapa macam variabel yaitu: Switcher (pelanggan yang suka berpindah – pindah), Habitual buyer (pelanggan yang membeli karena kebiasaan), Satisfied buyer (pelanggan yang membeli karena kebiasan), Liking Of the brand (menyukai merek), dan Committed buyer (pelanggan yang komit). Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang masih aktif. Sebanyak 103 orang diambil sebagai sampel. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive convenience sampling yaitu mengambil responden yang paling mudah dijumpai serta memenuhi kriteria tertentu untuk dijadikan responden penelitian. Kriteria sampel disini adalah (1) Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, (2) Pernah menggunakan produk sabun mandi cair merek Lux, (3) Melakukan pembelian ulang minimal 3 kali secara berturut-turut. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yaitu dengan cara membuat daftar pertanyaan yang kemudian dibagi untuk dijawab oleh responden. Responden tinggal memilih jawaban yang sudah dirumuskan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif yang diolah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan SPSS 11.5. Uji validitas menggunakan KMO And Barlett’s Test dan Rotated Component Matrix (a). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua atribut pertanyaan yang berjumlah 15 dinyatakan valid, begitu juga dengan hasil uji reliabilitas semuanya reliabel. Hasil dari analisis kuantitatif deskriptif menunjukkan bahwa persentase terbesar dari tingkat brand loyalty pelanggan berada pada variabel committed buyer sebesar 80,58% serta urutan brand loyalty pelanggan mulai dari yang terkecil yaitu switcher 21,36%, habitual buyer 44,66%, satisfied buyer 60,19%, liking of the brand 73,79%, dan committed buyer 80,58% sehingga akan membentuk piramida terbalik Dalam penelitian ini peneliti memberikan saran bagi perusahaan supaya secara continue (berlanjut) mampu meningkatkan kualitas produk supaya pelanggan enggan berpindah ke produk lain dan perusahan dituntut agar dapat menarik minat para calon pelanggan baru dan tetap mempertahankan para pelanggan lama agar perusahaan dapat bertahan di kancah persaingan bisnis ini.