PENGUKURAN DISONANSI KOGNITIF PADA KONSUMEN PEMILIK MOBIL TOYOTA AVANZA

Latar belakang penulisan skripsi adalah karena semakin ketatnya persaingan usaha dibidang otomotif, PT Toyota Astra Motor berusaha untuk mengembangkan produknya dengan tujuan mencari segmen baru. Dimana Toyota Avanza mempunyai penampilan dan keunggulan-keunggulan namun dengan harga yang relatif mura...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSANTI, DEVI TRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7485/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994610855936000
author SUSANTI, DEVI TRI
author_facet SUSANTI, DEVI TRI
author_sort SUSANTI, DEVI TRI
collection ePrints
description Latar belakang penulisan skripsi adalah karena semakin ketatnya persaingan usaha dibidang otomotif, PT Toyota Astra Motor berusaha untuk mengembangkan produknya dengan tujuan mencari segmen baru. Dimana Toyota Avanza mempunyai penampilan dan keunggulan-keunggulan namun dengan harga yang relatif murah. Konsumen yang melakulan pembelian mobil Toyota Avanza merasa dihadapkan pada suatu kondisi yang membingungkan, dimana kepercayaan mereka tidak “sejalan bersama”. Hal inilah yang akan mengakibatkan timbulnya disonansi, dimana konsumen merasa tidak nyaman akan konflik dengan kepercayaan mereka. Tujuan skripsi ini untuk mengukur faktor utama apakah yang membentuk disonansi kognitif yang dianalisa menggunakan CFA (Confimatory Factor Analysis) & untuk mengetahui apakah karakteristik yang berbeda akan menimbulkan perbedaan disonansi kognitif yang dianalisa menggunakan uji t. Disonansi diukur dengan tiga dimensi yaitu : emotional, wisdom of purchase dan concern over the deal. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan sebagian besar konsumen dari dimensi emotional tidak merasa putus asa, takut, hampa, marah, cemas, kesal atau jengkel, frustasi, depresi. Dari analisa Wisdom of purchase konsumen merasa membutuhkan, dan melakukan keputusan yang tepat untuk membeli mobil merek Toyota Avanza. Dari analisa Concern Over the Deal diperoleh hasil bahwa konsumen setelah membeli mobil Toyota Avanza, tidak merasa telah melakukan sesuatu ketololan, tenaga penjual tidak membuat mereka bingung, mereka nyaman dengan persetujuan yang telah dibuat. Dan berdasarkan hasil analisis data Uji t, terdapat perbedaan signifikan pada karakteristik konsumen yang berbeda terhadap disonansi kognitif untuk dimensi emotional, wisdom of purchase, concern over the deal pada konsumen pemilik mobil Toyota Avanza.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7485
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7485 https://eprints.ums.ac.id/7485/ PENGUKURAN DISONANSI KOGNITIF PADA KONSUMEN PEMILIK MOBIL TOYOTA AVANZA SUSANTI, DEVI TRI HD61 Risk Management Latar belakang penulisan skripsi adalah karena semakin ketatnya persaingan usaha dibidang otomotif, PT Toyota Astra Motor berusaha untuk mengembangkan produknya dengan tujuan mencari segmen baru. Dimana Toyota Avanza mempunyai penampilan dan keunggulan-keunggulan namun dengan harga yang relatif murah. Konsumen yang melakulan pembelian mobil Toyota Avanza merasa dihadapkan pada suatu kondisi yang membingungkan, dimana kepercayaan mereka tidak “sejalan bersama”. Hal inilah yang akan mengakibatkan timbulnya disonansi, dimana konsumen merasa tidak nyaman akan konflik dengan kepercayaan mereka. Tujuan skripsi ini untuk mengukur faktor utama apakah yang membentuk disonansi kognitif yang dianalisa menggunakan CFA (Confimatory Factor Analysis) & untuk mengetahui apakah karakteristik yang berbeda akan menimbulkan perbedaan disonansi kognitif yang dianalisa menggunakan uji t. Disonansi diukur dengan tiga dimensi yaitu : emotional, wisdom of purchase dan concern over the deal. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan sebagian besar konsumen dari dimensi emotional tidak merasa putus asa, takut, hampa, marah, cemas, kesal atau jengkel, frustasi, depresi. Dari analisa Wisdom of purchase konsumen merasa membutuhkan, dan melakukan keputusan yang tepat untuk membeli mobil merek Toyota Avanza. Dari analisa Concern Over the Deal diperoleh hasil bahwa konsumen setelah membeli mobil Toyota Avanza, tidak merasa telah melakukan sesuatu ketololan, tenaga penjual tidak membuat mereka bingung, mereka nyaman dengan persetujuan yang telah dibuat. Dan berdasarkan hasil analisis data Uji t, terdapat perbedaan signifikan pada karakteristik konsumen yang berbeda terhadap disonansi kognitif untuk dimensi emotional, wisdom of purchase, concern over the deal pada konsumen pemilik mobil Toyota Avanza. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7485/1/B100060035.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7485/2/B100060035.pdf SUSANTI, DEVI TRI (2010) PENGUKURAN DISONANSI KOGNITIF PADA KONSUMEN PEMILIK MOBIL TOYOTA AVANZA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100060035
spellingShingle HD61 Risk Management
SUSANTI, DEVI TRI
PENGUKURAN DISONANSI KOGNITIF PADA KONSUMEN PEMILIK MOBIL TOYOTA AVANZA
title PENGUKURAN DISONANSI KOGNITIF PADA KONSUMEN PEMILIK MOBIL TOYOTA AVANZA
title_full PENGUKURAN DISONANSI KOGNITIF PADA KONSUMEN PEMILIK MOBIL TOYOTA AVANZA
title_fullStr PENGUKURAN DISONANSI KOGNITIF PADA KONSUMEN PEMILIK MOBIL TOYOTA AVANZA
title_full_unstemmed PENGUKURAN DISONANSI KOGNITIF PADA KONSUMEN PEMILIK MOBIL TOYOTA AVANZA
title_short PENGUKURAN DISONANSI KOGNITIF PADA KONSUMEN PEMILIK MOBIL TOYOTA AVANZA
title_sort pengukuran disonansi kognitif pada konsumen pemilik mobil toyota avanza
topic HD61 Risk Management
url https://eprints.ums.ac.id/7485/
work_keys_str_mv AT susantidevitri pengukurandisonansikognitifpadakonsumenpemilikmobiltoyotaavanza