IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBELAJARKAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

Guru merupakan faktor yang secara langsung bertanggung jawab atas keberhasilan proses pembelajaran yang dikembangkan khususnya di kelas. Kesulitan dalam membelajarkan biologi khususnya fisiologi hewan dan manusia merupakan segala sesuatu atau keadaan yang menyulitkan dalam proses membelajarkan biolo...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yudhistia , Fitria Sari
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7469/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994610586451968
author Yudhistia , Fitria Sari
author_facet Yudhistia , Fitria Sari
author_sort Yudhistia , Fitria Sari
collection ePrints
description Guru merupakan faktor yang secara langsung bertanggung jawab atas keberhasilan proses pembelajaran yang dikembangkan khususnya di kelas. Kesulitan dalam membelajarkan biologi khususnya fisiologi hewan dan manusia merupakan segala sesuatu atau keadaan yang menyulitkan dalam proses membelajarkan biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kesulitan dan mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam membelajarkan biologi. Populasi yang digunakan adalah guru biologi di SMP se-Kabupaten Boyolali. Teknik sampling yang digunakan adalah kuota sampel yang dalam pengambilan data tidak menghiraukan asal daerahnya tetapi masih dalam populasi, yang diperhatikan adalah terpenuhi jumlah kuota. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket. Data dianalisis secara deskriptif persentase. Berdasarkan analisis deskriptif persentase, diketahui bahwa guru biologi SMP se-Kabupaten Boyolali mengalami kesulitan dalam membelajarkan biologi. Adapun besarnya persentase dari masing-masing indikator adalah sebagai berikut: Penyusunan RPP 53,37%, sumber belajar 69,86%, faktor guru 55,09%, faktor siswa 49,47%, organisasi waktu 26,59%, refleksi 36,57%, serta evaluasi 52,13%. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membelajarkan biologi khususnya fisiologi hewan dan manusia di SMP se-Kabupaten Boyolali menunjukkan adanya kesulitan yang termasuk dalam kategori kesulitan sedang.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7469
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7469 https://eprints.ums.ac.id/7469/ IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBELAJARKAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010 Yudhistia , Fitria Sari L Education (General) Guru merupakan faktor yang secara langsung bertanggung jawab atas keberhasilan proses pembelajaran yang dikembangkan khususnya di kelas. Kesulitan dalam membelajarkan biologi khususnya fisiologi hewan dan manusia merupakan segala sesuatu atau keadaan yang menyulitkan dalam proses membelajarkan biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kesulitan dan mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam membelajarkan biologi. Populasi yang digunakan adalah guru biologi di SMP se-Kabupaten Boyolali. Teknik sampling yang digunakan adalah kuota sampel yang dalam pengambilan data tidak menghiraukan asal daerahnya tetapi masih dalam populasi, yang diperhatikan adalah terpenuhi jumlah kuota. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket. Data dianalisis secara deskriptif persentase. Berdasarkan analisis deskriptif persentase, diketahui bahwa guru biologi SMP se-Kabupaten Boyolali mengalami kesulitan dalam membelajarkan biologi. Adapun besarnya persentase dari masing-masing indikator adalah sebagai berikut: Penyusunan RPP 53,37%, sumber belajar 69,86%, faktor guru 55,09%, faktor siswa 49,47%, organisasi waktu 26,59%, refleksi 36,57%, serta evaluasi 52,13%. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membelajarkan biologi khususnya fisiologi hewan dan manusia di SMP se-Kabupaten Boyolali menunjukkan adanya kesulitan yang termasuk dalam kategori kesulitan sedang. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7469/1/A420060115.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7469/2/A420060115.pdf Yudhistia , Fitria Sari (2010) IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBELAJARKAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420060115
spellingShingle L Education (General)
Yudhistia , Fitria Sari
IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBELAJARKAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBELAJARKAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBELAJARKAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBELAJARKAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBELAJARKAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBELAJARKAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort identifikasi kesulitan membelajarkan biologi di sekolah menengah pertama se kabupaten boyolali tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/7469/
work_keys_str_mv AT yudhistiafitriasari identifikasikesulitanmembelajarkanbiologidisekolahmenengahpertamasekabupatenboyolalitahunajaran20092010