USAHA PENINGKATAN KESIAPAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Biologi Kelas X. III SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa kelas XIII SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dalam proses pembelajaran biologi melalui metode pembelajaran Talking Stick. Subyek penelitian ini adalah peneliti sebagai pemberi tindakan, guru biologi dan kepala sekolah sebagai subye...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: WULANDARI , AGUSTIN RATNA
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/7464/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa kelas XIII SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dalam proses pembelajaran biologi melalui metode pembelajaran Talking Stick. Subyek penelitian ini adalah peneliti sebagai pemberi tindakan, guru biologi dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data, serta siswa kelas X.III SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan lapangan, dokumentasi dan tanggapan. Analisis data pada penelitian ini secara deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kesiapan siswa dalam proses pembelajaran biologi yang meliputi keaktifan, perhatian dan kemandirian dalam belajar pada pokok bahasan jamur atau fungi sebesar 60% yaitu sebelum ada penelitian tindakan sebesar 22,5% pada putaran terakhir (putaran III) menjadi 82,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kesiapan siswa dalam proses pembelajaran biologi yang pada akhirnya ikut meningkatkan hasil belajar siswa.