USAHA PENINGKATAN KESIAPAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Biologi Kelas X. III SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa kelas XIII SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dalam proses pembelajaran biologi melalui metode pembelajaran Talking Stick. Subyek penelitian ini adalah peneliti sebagai pemberi tindakan, guru biologi dan kepala sekolah sebagai subye...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: WULANDARI , AGUSTIN RATNA
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/7464/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kesiapan siswa kelas XIII SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dalam proses pembelajaran biologi melalui metode pembelajaran Talking Stick. Subyek penelitian ini adalah peneliti sebagai pemberi tindakan, guru biologi dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data, serta siswa kelas X.III SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan lapangan, dokumentasi dan tanggapan. Analisis data pada penelitian ini secara deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kesiapan siswa dalam proses pembelajaran biologi yang meliputi keaktifan, perhatian dan kemandirian dalam belajar pada pokok bahasan jamur atau fungi sebesar 60% yaitu sebelum ada penelitian tindakan sebesar 22,5% pada putaran terakhir (putaran III) menjadi 82,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kesiapan siswa dalam proses pembelajaran biologi yang pada akhirnya ikut meningkatkan hasil belajar siswa.