ANALISIS IKLAN OBAT BEBAS DAN OBAT BEBAS TERBATAS PADA ENAM MEDIA CETAK YANG BEREDAR DI KOTA SURAKARTA PERIODE BULAN FEBRUARI-APRIL 2009

Obat bebas dan obat bebas terbatas merupakan kategori obat yang dapat digunakan masyarakat dalam upaya pengobatan sendiri. Informasi obat 55% di peroleh masyarakat dari iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian iklan obat bebas dan obat bebas terbatas pada media cetak dengan Kepu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANGGA ALIT ANANTA YOGA , ANGGA ALIT ANANTA YOGA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2009
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7448/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116512957530112
author ANGGA ALIT ANANTA YOGA , ANGGA ALIT ANANTA YOGA
author_facet ANGGA ALIT ANANTA YOGA , ANGGA ALIT ANANTA YOGA
author_sort ANGGA ALIT ANANTA YOGA , ANGGA ALIT ANANTA YOGA
collection ePrints
description Obat bebas dan obat bebas terbatas merupakan kategori obat yang dapat digunakan masyarakat dalam upaya pengobatan sendiri. Informasi obat 55% di peroleh masyarakat dari iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian iklan obat bebas dan obat bebas terbatas pada media cetak dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas Nomor: 386/Men.Kes/SK/IV/1994. Penelitian ini merupakan penelitian non ekperimental dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dari enam media cetak yang beredar di kota Surakarta bulan Februari-April. Data yang didapatkan kemudian di analisis berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas Nomor: 386/Men.Kes/SK/IV/1994. Dari 35 iklan ditemukan 1 iklan (3%) sesuai dan 34 iklan (97%) tidak memenuhi ketentuan. Ketidaksesuaian iklan antara lain: tidak mencantumkan nama zat aktif, tidak mencantumkan nama industri farmasi, tidak mencantumkan nomor pendaftaran, iklan tidak lengkap, iklan tidak mencantumkan anjuran untuk mencari informasi yang tepat kepada tenaga kesehatan, iklan tidak mencantumkan spot yang ditentukan dan iklan tidak sesuai dengan peraturan khusus.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7448
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2009
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7448 https://eprints.ums.ac.id/7448/ ANALISIS IKLAN OBAT BEBAS DAN OBAT BEBAS TERBATAS PADA ENAM MEDIA CETAK YANG BEREDAR DI KOTA SURAKARTA PERIODE BULAN FEBRUARI-APRIL 2009 ANGGA ALIT ANANTA YOGA , ANGGA ALIT ANANTA YOGA HE Communications RS Pharmacy and materia medica Obat bebas dan obat bebas terbatas merupakan kategori obat yang dapat digunakan masyarakat dalam upaya pengobatan sendiri. Informasi obat 55% di peroleh masyarakat dari iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian iklan obat bebas dan obat bebas terbatas pada media cetak dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas Nomor: 386/Men.Kes/SK/IV/1994. Penelitian ini merupakan penelitian non ekperimental dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dari enam media cetak yang beredar di kota Surakarta bulan Februari-April. Data yang didapatkan kemudian di analisis berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas Nomor: 386/Men.Kes/SK/IV/1994. Dari 35 iklan ditemukan 1 iklan (3%) sesuai dan 34 iklan (97%) tidak memenuhi ketentuan. Ketidaksesuaian iklan antara lain: tidak mencantumkan nama zat aktif, tidak mencantumkan nama industri farmasi, tidak mencantumkan nomor pendaftaran, iklan tidak lengkap, iklan tidak mencantumkan anjuran untuk mencari informasi yang tepat kepada tenaga kesehatan, iklan tidak mencantumkan spot yang ditentukan dan iklan tidak sesuai dengan peraturan khusus. 2009 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7448/1/K100040182.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7448/2/K100040182.pdf ANGGA ALIT ANANTA YOGA , ANGGA ALIT ANANTA YOGA (2009) ANALISIS IKLAN OBAT BEBAS DAN OBAT BEBAS TERBATAS PADA ENAM MEDIA CETAK YANG BEREDAR DI KOTA SURAKARTA PERIODE BULAN FEBRUARI-APRIL 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. K100040182
spellingShingle HE Communications
RS Pharmacy and materia medica
ANGGA ALIT ANANTA YOGA , ANGGA ALIT ANANTA YOGA
ANALISIS IKLAN OBAT BEBAS DAN OBAT BEBAS TERBATAS PADA ENAM MEDIA CETAK YANG BEREDAR DI KOTA SURAKARTA PERIODE BULAN FEBRUARI-APRIL 2009
title ANALISIS IKLAN OBAT BEBAS DAN OBAT BEBAS TERBATAS PADA ENAM MEDIA CETAK YANG BEREDAR DI KOTA SURAKARTA PERIODE BULAN FEBRUARI-APRIL 2009
title_full ANALISIS IKLAN OBAT BEBAS DAN OBAT BEBAS TERBATAS PADA ENAM MEDIA CETAK YANG BEREDAR DI KOTA SURAKARTA PERIODE BULAN FEBRUARI-APRIL 2009
title_fullStr ANALISIS IKLAN OBAT BEBAS DAN OBAT BEBAS TERBATAS PADA ENAM MEDIA CETAK YANG BEREDAR DI KOTA SURAKARTA PERIODE BULAN FEBRUARI-APRIL 2009
title_full_unstemmed ANALISIS IKLAN OBAT BEBAS DAN OBAT BEBAS TERBATAS PADA ENAM MEDIA CETAK YANG BEREDAR DI KOTA SURAKARTA PERIODE BULAN FEBRUARI-APRIL 2009
title_short ANALISIS IKLAN OBAT BEBAS DAN OBAT BEBAS TERBATAS PADA ENAM MEDIA CETAK YANG BEREDAR DI KOTA SURAKARTA PERIODE BULAN FEBRUARI-APRIL 2009
title_sort analisis iklan obat bebas dan obat bebas terbatas pada enam media cetak yang beredar di kota surakarta periode bulan februari april 2009
topic HE Communications
RS Pharmacy and materia medica
url https://eprints.ums.ac.id/7448/
work_keys_str_mv AT anggaalitanantayogaanggaalitanantayoga analisisiklanobatbebasdanobatbebasterbataspadaenammediacetakyangberedardikotasurakartaperiodebulanfebruariapril2009