PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Persepsi Siswa Mengenai Strategi Pembelajaran Guru dan Cara Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pol...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRABOWO , MUJIANTO AGUNG
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7420/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994609765416960
author PRABOWO , MUJIANTO AGUNG
author_facet PRABOWO , MUJIANTO AGUNG
author_sort PRABOWO , MUJIANTO AGUNG
collection ePrints
description Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Persepsi Siswa Mengenai Strategi Pembelajaran Guru dan Cara Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Polokarto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 204 siswa. Sampel diambil sebanyak 30 siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linear ganda, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari persepsi siswa mengenai stategi pembelajaran guru dan cara siswa mengatasi kesulitan belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010”. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 10,429 > 3,354. Variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru memberikan sumbangan relatif sebesar 37,6% dan sumbangan efektif 16,4%. Sedangkan variabel cara siswa mengatasi kesulitan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 62,4% dan sumbangan efektif 27,2%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel cara siswa mengatasi kesulitan belajar memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaran dibandingkan variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7420
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7420 https://eprints.ums.ac.id/7420/ PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 PRABOWO , MUJIANTO AGUNG L Education (General) Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Persepsi Siswa Mengenai Strategi Pembelajaran Guru dan Cara Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Polokarto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 204 siswa. Sampel diambil sebanyak 30 siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linear ganda, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari persepsi siswa mengenai stategi pembelajaran guru dan cara siswa mengatasi kesulitan belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010”. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 10,429 > 3,354. Variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru memberikan sumbangan relatif sebesar 37,6% dan sumbangan efektif 16,4%. Sedangkan variabel cara siswa mengatasi kesulitan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 62,4% dan sumbangan efektif 27,2%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel cara siswa mengatasi kesulitan belajar memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaran dibandingkan variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7420/1/A220050016.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7420/2/A220050016.pdf PRABOWO , MUJIANTO AGUNG (2010) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A220050016
spellingShingle L Education (General)
PRABOWO , MUJIANTO AGUNG
PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru dan cara siswa mengatasi kesulitan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan bagi siswa kelas x sma negeri 1 polokarto tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/7420/
work_keys_str_mv AT prabowomujiantoagung pengaruhpersepsisiswamengenaistrategipembelajarangurudancarasiswamengatasikesulitanbelajarterhadapprestasibelajarpendidikankewarganegaraanbagisiswakelasxsmanegeri1polokartotahunpelajaran20092010