PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Persepsi Siswa Mengenai Strategi Pembelajaran Guru dan Cara Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pol...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/7420/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Persepsi Siswa Mengenai Strategi Pembelajaran Guru dan Cara Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Polokarto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 204 siswa. Sampel diambil sebanyak 30 siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linear ganda, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah: “Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari persepsi siswa mengenai stategi pembelajaran guru dan cara siswa mengatasi kesulitan belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010”. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 10,429 > 3,354. Variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru memberikan sumbangan relatif sebesar 37,6% dan sumbangan efektif 16,4%. Sedangkan variabel cara siswa mengatasi kesulitan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 62,4% dan sumbangan efektif 27,2%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel cara siswa mengatasi kesulitan belajar memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaran dibandingkan variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru.
|
---|