EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI SRONDOL 02 SEMARANG)
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Bagaimana karakteristik kepemimpinan kepala sekolah yang efektif studi kasus SD Negeri Srondol 02 Semarang? Fokus dijabarkan menjadi dua sub fokus. (1) Bagaimana sekolah dasar yang efektif. (2) Bagaimana karakteristik kepemimpinan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/7417/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804116512143835136 |
---|---|
author | SETYARTI, UTIK |
author_facet | SETYARTI, UTIK |
author_sort | SETYARTI, UTIK |
collection | ePrints |
description | Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Bagaimana
karakteristik kepemimpinan kepala sekolah yang efektif studi kasus SD Negeri
Srondol 02 Semarang? Fokus dijabarkan menjadi dua sub fokus. (1) Bagaimana
sekolah dasar yang efektif. (2) Bagaimana karakteristik kepemimpinan kepala
sekolah pada SD yang efektif.
Sumber data penelitian adalah: (1) Kepala sekolah di SD Negeri Srondol 02,
(2) Guru dan staf sekolah, (3) Komite sekolah, (4) Masyarakat sekitar dan orang tua
siswa SD Negeri Srondol 02.
Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis
induktif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data yang dilakukan secara mengalir sampai dengan penulisan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: karakteristik keefektifan SD Srondol 02
ditunjukkan antara lain: (1) adanya kepemimpinan yang kuat, (2) lingkungan sekolah
yang aman dan nyaman, (3) adanya hubungan yang baik antara sekolah dengan orang
tua dan komite sekolah, (4) harapan yang tinggi tentang prestasi, (5) siswanya mampu
mendemonstrasikan kebolehannya di muka umum, (6) partisipasi orang tua dan
masyarakat tinggi. Adapun karakteristik efektivitas kepemimpinan kepala sekolah SD
Srondol 02 adalah: (1) melakukan interaksi dengan guru dan stafnya, (2)
mendelegasikan tugas kepada bawahannya, (3) selalu memotivasi guru dan stafnya
agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, (4) selalu mengendalikan emosinya,
(5) melaksanakan tugas kesehariannya dengan baik dan terencana, (6) dapat
menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di sekolah terkait dengan organisasi yang
dipimpinnya, (7)selalu menanggapi perubahan-perubahan yang terjadi.
Saran dari penelitian ini, (1) kepala sekolah di SD Negeri Srondol 02 agar
efektivitas dipertahankan dan ditingkatkan lagi, (2) Kepala sekolah lain di Cabang
Dinas Pendidikan Kecamatan Banyumanik agar setidak-tidaknya memiliki
keefektifan seperti SD Srondol 02, (3) Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan
Banyumanik agar memotivasi kepada kepala sekolah untuk senantiasa meningkatkan
efektivitas kepemimpinannya. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:7417 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:7417 https://eprints.ums.ac.id/7417/ EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI SRONDOL 02 SEMARANG) SETYARTI, UTIK L Education (General) Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Bagaimana karakteristik kepemimpinan kepala sekolah yang efektif studi kasus SD Negeri Srondol 02 Semarang? Fokus dijabarkan menjadi dua sub fokus. (1) Bagaimana sekolah dasar yang efektif. (2) Bagaimana karakteristik kepemimpinan kepala sekolah pada SD yang efektif. Sumber data penelitian adalah: (1) Kepala sekolah di SD Negeri Srondol 02, (2) Guru dan staf sekolah, (3) Komite sekolah, (4) Masyarakat sekitar dan orang tua siswa SD Negeri Srondol 02. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis induktif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data yang dilakukan secara mengalir sampai dengan penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: karakteristik keefektifan SD Srondol 02 ditunjukkan antara lain: (1) adanya kepemimpinan yang kuat, (2) lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, (3) adanya hubungan yang baik antara sekolah dengan orang tua dan komite sekolah, (4) harapan yang tinggi tentang prestasi, (5) siswanya mampu mendemonstrasikan kebolehannya di muka umum, (6) partisipasi orang tua dan masyarakat tinggi. Adapun karakteristik efektivitas kepemimpinan kepala sekolah SD Srondol 02 adalah: (1) melakukan interaksi dengan guru dan stafnya, (2) mendelegasikan tugas kepada bawahannya, (3) selalu memotivasi guru dan stafnya agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, (4) selalu mengendalikan emosinya, (5) melaksanakan tugas kesehariannya dengan baik dan terencana, (6) dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di sekolah terkait dengan organisasi yang dipimpinnya, (7)selalu menanggapi perubahan-perubahan yang terjadi. Saran dari penelitian ini, (1) kepala sekolah di SD Negeri Srondol 02 agar efektivitas dipertahankan dan ditingkatkan lagi, (2) Kepala sekolah lain di Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Banyumanik agar setidak-tidaknya memiliki keefektifan seperti SD Srondol 02, (3) Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Banyumanik agar memotivasi kepada kepala sekolah untuk senantiasa meningkatkan efektivitas kepemimpinannya. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7417/1/Q100050196.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7417/2/Q100050196.pdf SETYARTI, UTIK (2007) EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI SRONDOL 02 SEMARANG). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . Q100050196 |
spellingShingle | L Education (General) SETYARTI, UTIK EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI SRONDOL 02 SEMARANG) |
title | EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI SRONDOL 02 SEMARANG) |
title_full | EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI SRONDOL 02 SEMARANG) |
title_fullStr | EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI SRONDOL 02 SEMARANG) |
title_full_unstemmed | EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI SRONDOL 02 SEMARANG) |
title_short | EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI SRONDOL 02 SEMARANG) |
title_sort | efektivitas kepemimpinan kepala sekolah studi kasus di sd negeri srondol 02 semarang |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/7417/ |
work_keys_str_mv | AT setyartiutik efektivitaskepemimpinankepalasekolahstudikasusdisdnegerisrondol02semarang |