EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI SRONDOL 02 SEMARANG)

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Bagaimana karakteristik kepemimpinan kepala sekolah yang efektif studi kasus SD Negeri Srondol 02 Semarang? Fokus dijabarkan menjadi dua sub fokus. (1) Bagaimana sekolah dasar yang efektif. (2) Bagaimana karakteristik kepemimpinan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SETYARTI, UTIK
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7417/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Bagaimana karakteristik kepemimpinan kepala sekolah yang efektif studi kasus SD Negeri Srondol 02 Semarang? Fokus dijabarkan menjadi dua sub fokus. (1) Bagaimana sekolah dasar yang efektif. (2) Bagaimana karakteristik kepemimpinan kepala sekolah pada SD yang efektif. Sumber data penelitian adalah: (1) Kepala sekolah di SD Negeri Srondol 02, (2) Guru dan staf sekolah, (3) Komite sekolah, (4) Masyarakat sekitar dan orang tua siswa SD Negeri Srondol 02. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis induktif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data yang dilakukan secara mengalir sampai dengan penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: karakteristik keefektifan SD Srondol 02 ditunjukkan antara lain: (1) adanya kepemimpinan yang kuat, (2) lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, (3) adanya hubungan yang baik antara sekolah dengan orang tua dan komite sekolah, (4) harapan yang tinggi tentang prestasi, (5) siswanya mampu mendemonstrasikan kebolehannya di muka umum, (6) partisipasi orang tua dan masyarakat tinggi. Adapun karakteristik efektivitas kepemimpinan kepala sekolah SD Srondol 02 adalah: (1) melakukan interaksi dengan guru dan stafnya, (2) mendelegasikan tugas kepada bawahannya, (3) selalu memotivasi guru dan stafnya agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, (4) selalu mengendalikan emosinya, (5) melaksanakan tugas kesehariannya dengan baik dan terencana, (6) dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di sekolah terkait dengan organisasi yang dipimpinnya, (7)selalu menanggapi perubahan-perubahan yang terjadi. Saran dari penelitian ini, (1) kepala sekolah di SD Negeri Srondol 02 agar efektivitas dipertahankan dan ditingkatkan lagi, (2) Kepala sekolah lain di Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Banyumanik agar setidak-tidaknya memiliki keefektifan seperti SD Srondol 02, (3) Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Banyumanik agar memotivasi kepada kepala sekolah untuk senantiasa meningkatkan efektivitas kepemimpinannya.