PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG

Dalam hal peningkatan mutu pendidikan, guru merupakan sumber daya yang penting. Oleh sebab itu kinerja guru perlu mendapat perhatian optimal, sehingga guru dapat bekerja secara efektif. Untuk mendukung hal tersebut KS perlu memiliki kemampuan kepemimpinan yang tinggi dan menciptakan iklim ke...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SULARDI, SULARDI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7414/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994609489641472
author SULARDI, SULARDI
author_facet SULARDI, SULARDI
author_sort SULARDI, SULARDI
collection ePrints
description Dalam hal peningkatan mutu pendidikan, guru merupakan sumber daya yang penting. Oleh sebab itu kinerja guru perlu mendapat perhatian optimal, sehingga guru dapat bekerja secara efektif. Untuk mendukung hal tersebut KS perlu memiliki kemampuan kepemimpinan yang tinggi dan menciptakan iklim kerja yang kondusif serta dukungan motivasi. Penelitian ini mengangkat masalah peranan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan iklim kerja terhadap peningkatan kinerja guru SD negeri di kecamatan semarang utara kota semarang. Secara eksplisit penelitian ini bertujuan: (1) menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) menguji motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) menuji iklim kerja terhadap kinerja guru, dan (4) menguji kepemimpinan KS, motivasi kerja, dan iklim kerja terhadapo kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah guru SD Negeri yang berjumlah 183 orang dari 23 SD di kecamatan semarang utara kota Semarang dengan sampel 50 orang secara acak. Penelitian ini mengangkat tiga variabel bebas, yaitu: kepemimpinan kepala sekolah (X1), motivasi kerja (X2), dan iklim kerja (X3), serta variabel terikat yaitu kinerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan mengunaka kuesioner. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan statistikan deskriptif, reresi, serta korelasi sederhana dan ganda. Berdasarkan analisis korelasi sederhana dan ganda disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan KS (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 44,195 + 0,698X1 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,826; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 1,180 + 1,006X2 dan koefien korelasi (r) sebesar 0,761; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 44,218 + 0,559X3 dan kooefisien korelasi sebesar 0,813; (4) pengaruh X1, X2, dan X3 terhadap Y dengan persamaan regresi Y = 12,812 + 0,375X1 + 0,354 X2 + 0,202X3. Dari penelitian ini disarankan: (1) perlunya peningkatan peranan kepemimpinan KS, motivasi kerja dan iklim kerja karena akan mampu meningkatkan kinerja guru, (2) perlunya penelitian lebih lanjut yang serupa dengan perluasan variabel dan juga pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7414
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7414 https://eprints.ums.ac.id/7414/ PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG SULARDI, SULARDI L Education (General) Dalam hal peningkatan mutu pendidikan, guru merupakan sumber daya yang penting. Oleh sebab itu kinerja guru perlu mendapat perhatian optimal, sehingga guru dapat bekerja secara efektif. Untuk mendukung hal tersebut KS perlu memiliki kemampuan kepemimpinan yang tinggi dan menciptakan iklim kerja yang kondusif serta dukungan motivasi. Penelitian ini mengangkat masalah peranan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan iklim kerja terhadap peningkatan kinerja guru SD negeri di kecamatan semarang utara kota semarang. Secara eksplisit penelitian ini bertujuan: (1) menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) menguji motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) menuji iklim kerja terhadap kinerja guru, dan (4) menguji kepemimpinan KS, motivasi kerja, dan iklim kerja terhadapo kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah guru SD Negeri yang berjumlah 183 orang dari 23 SD di kecamatan semarang utara kota Semarang dengan sampel 50 orang secara acak. Penelitian ini mengangkat tiga variabel bebas, yaitu: kepemimpinan kepala sekolah (X1), motivasi kerja (X2), dan iklim kerja (X3), serta variabel terikat yaitu kinerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan mengunaka kuesioner. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan statistikan deskriptif, reresi, serta korelasi sederhana dan ganda. Berdasarkan analisis korelasi sederhana dan ganda disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan KS (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 44,195 + 0,698X1 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,826; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 1,180 + 1,006X2 dan koefien korelasi (r) sebesar 0,761; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 44,218 + 0,559X3 dan kooefisien korelasi sebesar 0,813; (4) pengaruh X1, X2, dan X3 terhadap Y dengan persamaan regresi Y = 12,812 + 0,375X1 + 0,354 X2 + 0,202X3. Dari penelitian ini disarankan: (1) perlunya peningkatan peranan kepemimpinan KS, motivasi kerja dan iklim kerja karena akan mampu meningkatkan kinerja guru, (2) perlunya penelitian lebih lanjut yang serupa dengan perluasan variabel dan juga pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7414/1/Q100050190.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7414/2/Q100050190.pdf SULARDI, SULARDI (2007) PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . Q100050190
spellingShingle L Education (General)
SULARDI, SULARDI
PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG
title PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG
title_full PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG
title_fullStr PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG
title_full_unstemmed PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG
title_short PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG
title_sort peranan kepemimpinan kepala sekolah motivasi kerja dan iklim kerja terhadap peningkatan kinerja guru sd negeri di kecamatan semarang utara kota semarang
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/7414/
work_keys_str_mv AT sulardisulardi peranankepemimpinankepalasekolahmotivasikerjadaniklimkerjaterhadappeningkatankinerjagurusdnegeridikecamatansemarangutarakotasemarang