PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG
Dalam hal peningkatan mutu pendidikan, guru merupakan sumber daya yang penting. Oleh sebab itu kinerja guru perlu mendapat perhatian optimal, sehingga guru dapat bekerja secara efektif. Untuk mendukung hal tersebut KS perlu memiliki kemampuan kepemimpinan yang tinggi dan menciptakan iklim ke...
Furkejuvvon:
Váldodahkki: | |
---|---|
Materiálatiipa: | Oahppočájánas |
Giella: | English English |
Almmustuhtton: |
2007
|
Fáttát: | |
Liŋkkat: | https://eprints.ums.ac.id/7414/ |
Fáddágilkorat: |
Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
|
_version_ | 1804994609489641472 |
---|---|
author | SULARDI, SULARDI |
author_facet | SULARDI, SULARDI |
author_sort | SULARDI, SULARDI |
collection | ePrints |
description | Dalam hal peningkatan mutu pendidikan, guru merupakan sumber daya
yang penting. Oleh sebab itu kinerja guru perlu mendapat perhatian optimal,
sehingga guru dapat bekerja secara efektif. Untuk mendukung hal tersebut KS
perlu memiliki kemampuan kepemimpinan yang tinggi dan menciptakan iklim
kerja yang kondusif serta dukungan motivasi. Penelitian ini mengangkat masalah
peranan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan iklim kerja terhadap
peningkatan kinerja guru SD negeri di kecamatan semarang utara kota semarang.
Secara eksplisit penelitian ini bertujuan: (1) menguji pengaruh kepemimpinan
kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) menguji motivasi kerja terhadap kinerja
guru, (3) menuji iklim kerja terhadap kinerja guru, dan (4) menguji kepemimpinan
KS, motivasi kerja, dan iklim kerja terhadapo kinerja guru.
Populasi penelitian ini adalah guru SD Negeri yang berjumlah 183 orang
dari 23 SD di kecamatan semarang utara kota Semarang dengan sampel 50 orang
secara acak. Penelitian ini mengangkat tiga variabel bebas, yaitu: kepemimpinan
kepala sekolah (X1), motivasi kerja (X2), dan iklim kerja (X3), serta variabel
terikat yaitu kinerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan
mengunaka kuesioner. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan
statistikan deskriptif, reresi, serta korelasi sederhana dan ganda.
Berdasarkan analisis korelasi sederhana dan ganda disimpulkan bahwa: (1)
terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan KS (X1) terhadap kinerja guru
(Y) dengan persamaan linier Y = 44,195 + 0,698X1 dan koefisien korelasi (r)
sebesar 0,826; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja (X2)
terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 1,180 + 1,006X2 dan
koefien korelasi (r) sebesar 0,761; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara
iklim kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 44,218 +
0,559X3 dan kooefisien korelasi sebesar 0,813; (4) pengaruh X1, X2, dan X3
terhadap Y dengan persamaan regresi Y = 12,812 + 0,375X1 + 0,354 X2 +
0,202X3.
Dari penelitian ini disarankan: (1) perlunya peningkatan peranan
kepemimpinan KS, motivasi kerja dan iklim kerja karena akan mampu
meningkatkan kinerja guru, (2) perlunya penelitian lebih lanjut yang serupa
dengan perluasan variabel dan juga pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:7414 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:7414 https://eprints.ums.ac.id/7414/ PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG SULARDI, SULARDI L Education (General) Dalam hal peningkatan mutu pendidikan, guru merupakan sumber daya yang penting. Oleh sebab itu kinerja guru perlu mendapat perhatian optimal, sehingga guru dapat bekerja secara efektif. Untuk mendukung hal tersebut KS perlu memiliki kemampuan kepemimpinan yang tinggi dan menciptakan iklim kerja yang kondusif serta dukungan motivasi. Penelitian ini mengangkat masalah peranan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan iklim kerja terhadap peningkatan kinerja guru SD negeri di kecamatan semarang utara kota semarang. Secara eksplisit penelitian ini bertujuan: (1) menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) menguji motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) menuji iklim kerja terhadap kinerja guru, dan (4) menguji kepemimpinan KS, motivasi kerja, dan iklim kerja terhadapo kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah guru SD Negeri yang berjumlah 183 orang dari 23 SD di kecamatan semarang utara kota Semarang dengan sampel 50 orang secara acak. Penelitian ini mengangkat tiga variabel bebas, yaitu: kepemimpinan kepala sekolah (X1), motivasi kerja (X2), dan iklim kerja (X3), serta variabel terikat yaitu kinerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan mengunaka kuesioner. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan statistikan deskriptif, reresi, serta korelasi sederhana dan ganda. Berdasarkan analisis korelasi sederhana dan ganda disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan KS (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 44,195 + 0,698X1 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,826; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 1,180 + 1,006X2 dan koefien korelasi (r) sebesar 0,761; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan linier Y = 44,218 + 0,559X3 dan kooefisien korelasi sebesar 0,813; (4) pengaruh X1, X2, dan X3 terhadap Y dengan persamaan regresi Y = 12,812 + 0,375X1 + 0,354 X2 + 0,202X3. Dari penelitian ini disarankan: (1) perlunya peningkatan peranan kepemimpinan KS, motivasi kerja dan iklim kerja karena akan mampu meningkatkan kinerja guru, (2) perlunya penelitian lebih lanjut yang serupa dengan perluasan variabel dan juga pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7414/1/Q100050190.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7414/2/Q100050190.pdf SULARDI, SULARDI (2007) PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . Q100050190 |
spellingShingle | L Education (General) SULARDI, SULARDI PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG |
title | PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG |
title_full | PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG |
title_fullStr | PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG |
title_full_unstemmed | PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG |
title_short | PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG |
title_sort | peranan kepemimpinan kepala sekolah motivasi kerja dan iklim kerja terhadap peningkatan kinerja guru sd negeri di kecamatan semarang utara kota semarang |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/7414/ |
work_keys_str_mv | AT sulardisulardi peranankepemimpinankepalasekolahmotivasikerjadaniklimkerjaterhadappeningkatankinerjagurusdnegeridikecamatansemarangutarakotasemarang |