HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 (2) pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006, (3) k...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: Rokhatun , Siti
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2006
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/7403/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
_version_ 1804994609218060288
author Rokhatun , Siti
author_facet Rokhatun , Siti
author_sort Rokhatun , Siti
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 (2) pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006, (3) kreativitas dengan prestasi belajar, (4) minat belajar dengan prestasi belajar, Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitafif deskriptif. Populasi adalah siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 740 siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 254 diambil berdasarkan tabel Krejcie. Teknik kuesioner (angket) dipakai untuk mengumpulkan data variabel pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar. Teknik dokumentasi dipakai untuk mendapatkan data prestasi belajar. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan yang positif pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 2) ada hubungan yang positif kreativitas dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 3) ada hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 4) ada hubungan bersama-sama yang positif antara pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran. Secara umum variabel prestasi belajar dapat dijelaskan oleh pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar. Koefesien determinan berganda Ry(1,2,3) sebesar 0,276. Hal ini berarti 27,6% varians prestasi belajar (Y) dapat dijelaskan oleh pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dan sisanya 72,4% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti antara lain: disiplin belajar, motivasi belajar, kemandirian belajar, bimbingan belajar, kecerdasan emosional, tingkat intelligensi, dan lain-lain. Koefisien parsial pola asuh orang tua 0,287, koefisien parsial kreativitas sebesar 0.305, koefisien parsial minat belajar sebesar 0,257. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas mempunyai hubungan paling besar dengan prestasi belajar, selanjutnya diikuti oleh minat belajar dan pola asuh orang tua.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7403
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7403 https://eprints.ums.ac.id/7403/ HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 Rokhatun , Siti L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 (2) pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006, (3) kreativitas dengan prestasi belajar, (4) minat belajar dengan prestasi belajar, Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitafif deskriptif. Populasi adalah siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 740 siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 254 diambil berdasarkan tabel Krejcie. Teknik kuesioner (angket) dipakai untuk mengumpulkan data variabel pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar. Teknik dokumentasi dipakai untuk mendapatkan data prestasi belajar. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan yang positif pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 2) ada hubungan yang positif kreativitas dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 3) ada hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 4) ada hubungan bersama-sama yang positif antara pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran. Secara umum variabel prestasi belajar dapat dijelaskan oleh pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar. Koefesien determinan berganda Ry(1,2,3) sebesar 0,276. Hal ini berarti 27,6% varians prestasi belajar (Y) dapat dijelaskan oleh pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dan sisanya 72,4% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti antara lain: disiplin belajar, motivasi belajar, kemandirian belajar, bimbingan belajar, kecerdasan emosional, tingkat intelligensi, dan lain-lain. Koefisien parsial pola asuh orang tua 0,287, koefisien parsial kreativitas sebesar 0.305, koefisien parsial minat belajar sebesar 0,257. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas mempunyai hubungan paling besar dengan prestasi belajar, selanjutnya diikuti oleh minat belajar dan pola asuh orang tua. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7403/1/Q100050098.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7403/2/Q100050098.pdf Rokhatun , Siti (2006) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . Q100050098
spellingShingle L Education (General)
Rokhatun , Siti
HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_full HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_short HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_sort hubungan antara pola asuh orang tua kreativitas dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa smk negeri 1 tengaran kabupaten semarang tahun pelajaran 2005 2006
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/7403/
work_keys_str_mv AT rokhatunsiti hubunganantarapolaasuhorangtuakreativitasdanminatbelajardenganprestasibelajarsiswasmknegeri1tengarankabupatensemarangtahunpelajaran20052006