HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 (2) pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006, (3) k...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English |
Được phát hành: |
2006
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/7403/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
_version_ | 1804994609218060288 |
---|---|
author | Rokhatun , Siti |
author_facet | Rokhatun , Siti |
author_sort | Rokhatun , Siti |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) pola asuh orang
tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1
Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 (2) pola asuh orang tua dengan prestasi
belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006, (3) kreativitas
dengan prestasi belajar, (4) minat belajar dengan prestasi belajar,
Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang
digunakan adalah metode kuantitafif deskriptif. Populasi adalah siswa SMK
Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 740 siswa,
sedangkan sampel penelitian berjumlah 254 diambil berdasarkan tabel Krejcie.
Teknik kuesioner (angket) dipakai untuk mengumpulkan data variabel pola asuh
orang tua, kreativitas, dan minat belajar. Teknik dokumentasi dipakai untuk
mendapatkan data prestasi belajar. Metode analisis yang digunakan adalah regresi
berganda.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan yang positif pola asuh
orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 2) ada hubungan
yang positif kreativitas dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 3)
ada hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK
Negeri 1 Tengaran, 4) ada hubungan bersama-sama yang positif antara pola asuh
orang tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK
Negeri 1 Tengaran.
Secara umum variabel prestasi belajar dapat dijelaskan oleh pola asuh
orang tua, kreativitas, dan minat belajar. Koefesien determinan berganda Ry(1,2,3)
sebesar 0,276. Hal ini berarti 27,6% varians prestasi belajar (Y) dapat dijelaskan
oleh pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dan sisanya 72,4%
merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti antara lain: disiplin belajar,
motivasi belajar, kemandirian belajar, bimbingan belajar, kecerdasan emosional,
tingkat intelligensi, dan lain-lain.
Koefisien parsial pola asuh orang tua 0,287, koefisien parsial kreativitas
sebesar 0.305, koefisien parsial minat belajar sebesar 0,257. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa kreativitas mempunyai hubungan paling besar dengan
prestasi belajar, selanjutnya diikuti oleh minat belajar dan pola asuh orang tua. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:7403 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2006 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:7403 https://eprints.ums.ac.id/7403/ HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 Rokhatun , Siti L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 (2) pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006, (3) kreativitas dengan prestasi belajar, (4) minat belajar dengan prestasi belajar, Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitafif deskriptif. Populasi adalah siswa SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 740 siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 254 diambil berdasarkan tabel Krejcie. Teknik kuesioner (angket) dipakai untuk mengumpulkan data variabel pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar. Teknik dokumentasi dipakai untuk mendapatkan data prestasi belajar. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan yang positif pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 2) ada hubungan yang positif kreativitas dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 3) ada hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran, 4) ada hubungan bersama-sama yang positif antara pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran. Secara umum variabel prestasi belajar dapat dijelaskan oleh pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar. Koefesien determinan berganda Ry(1,2,3) sebesar 0,276. Hal ini berarti 27,6% varians prestasi belajar (Y) dapat dijelaskan oleh pola asuh orang tua, kreativitas, dan minat belajar dan sisanya 72,4% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti antara lain: disiplin belajar, motivasi belajar, kemandirian belajar, bimbingan belajar, kecerdasan emosional, tingkat intelligensi, dan lain-lain. Koefisien parsial pola asuh orang tua 0,287, koefisien parsial kreativitas sebesar 0.305, koefisien parsial minat belajar sebesar 0,257. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas mempunyai hubungan paling besar dengan prestasi belajar, selanjutnya diikuti oleh minat belajar dan pola asuh orang tua. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7403/1/Q100050098.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7403/2/Q100050098.pdf Rokhatun , Siti (2006) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . Q100050098 |
spellingShingle | L Education (General) Rokhatun , Siti HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 |
title | HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT
BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1
TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 |
title_full | HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT
BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1
TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 |
title_fullStr | HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT
BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1
TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 |
title_full_unstemmed | HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT
BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1
TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 |
title_short | HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA, KREATIVITAS DAN MINAT
BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1
TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 |
title_sort | hubungan antara pola asuh orang tua kreativitas dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa smk negeri 1 tengaran kabupaten semarang tahun pelajaran 2005 2006 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/7403/ |
work_keys_str_mv | AT rokhatunsiti hubunganantarapolaasuhorangtuakreativitasdanminatbelajardenganprestasibelajarsiswasmknegeri1tengarankabupatensemarangtahunpelajaran20052006 |