PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Pandeyan.Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD dengan menerapkan pendekatan kontekstual, 2) Meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini mer...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUPARMI , ASRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7367/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994608669655040
author SUPARMI , ASRI
author_facet SUPARMI , ASRI
author_sort SUPARMI , ASRI
collection ePrints
description Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Pandeyan.Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD dengan menerapkan pendekatan kontekstual, 2) Meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, dokumentasi, wawancara mendalam, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan 1) Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan a) kesiapan siswa dalam menghadapi pembelajaran 60% (c) rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 75,04 (d) ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 80%, 2) penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7367
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7367 https://eprints.ums.ac.id/7367/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN SUPARMI , ASRI LB Theory and practice of education Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Pandeyan.Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD dengan menerapkan pendekatan kontekstual, 2) Meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, dokumentasi, wawancara mendalam, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan 1) Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan a) kesiapan siswa dalam menghadapi pembelajaran 60% (c) rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 75,04 (d) ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 80%, 2) penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7367/1/A510070510.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7367/2/A510070510.PDF SUPARMI , ASRI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070510
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUPARMI , ASRI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN
title_sort peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas iii sdn 01 pandeyan
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/7367/
work_keys_str_mv AT suparmiasri peningkatanhasilbelajarmatematikadenganpendekatankontekstualpadasiswakelasiiisdn01pandeyan