PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Pandeyan.Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD dengan menerapkan pendekatan kontekstual, 2) Meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini mer...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/7367/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994608669655040 |
---|---|
author | SUPARMI , ASRI |
author_facet | SUPARMI , ASRI |
author_sort | SUPARMI , ASRI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Pandeyan.Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD dengan menerapkan pendekatan kontekstual, 2) Meningkatkan kemampuan guru dalam
melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, dokumentasi, wawancara mendalam, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan 1) Penerapan pendekatan
kontekstual dapat meningkatkan a) kesiapan siswa dalam menghadapi pembelajaran 60% (c) rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 75,04 (d) ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 80%, 2) penerapan
pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:7367 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:7367 https://eprints.ums.ac.id/7367/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN SUPARMI , ASRI LB Theory and practice of education Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Pandeyan.Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD dengan menerapkan pendekatan kontekstual, 2) Meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, dokumentasi, wawancara mendalam, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan 1) Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan a) kesiapan siswa dalam menghadapi pembelajaran 60% (c) rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 75,04 (d) ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 80%, 2) penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7367/1/A510070510.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7367/2/A510070510.PDF SUPARMI , ASRI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070510 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education SUPARMI , ASRI PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN |
title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN |
title_full | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN |
title_fullStr | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN |
title_short | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 01 PANDEYAN |
title_sort | peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas iii sdn 01 pandeyan |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/7367/ |
work_keys_str_mv | AT suparmiasri peningkatanhasilbelajarmatematikadenganpendekatankontekstualpadasiswakelasiiisdn01pandeyan |