PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PETA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “BENAR SALAH BERANTAI” PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Tujuan penelitisn ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap konsep Peta Indonesia, dengan kompetensi dasar : Peta Indonesia. Didasarkan pada kenyataan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi dengan perubahan sosial budaya. Mata pelajaran IPS bersifat luwes kar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LAKSANA , LAKSANA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7361/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116511341674496
author LAKSANA , LAKSANA
author_facet LAKSANA , LAKSANA
author_sort LAKSANA , LAKSANA
collection ePrints
description Tujuan penelitisn ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap konsep Peta Indonesia, dengan kompetensi dasar : Peta Indonesia. Didasarkan pada kenyataan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi dengan perubahan sosial budaya. Mata pelajaran IPS bersifat luwes karena selalu mengikuti perkembangan jaman tetapi pada umumnya mata pelajaran IPS masih dianggap remeh tidak bergengsi bahkan sebagai mata pelajaran nomor 2 setelah matematika dan IPA. Sehingga sebagian besar siswa kurang berminat. Daya serap siswa 41,66% dan nilai rata-rata 6,75. Data ini menunjukkan kenyataan yang memprihatinkan, dan sekaligus menjadi tantangan bagi guru. Tentang Peta Indonesia. Penulis melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran “Benar Salah Berantai ” Pembelajaran “Benar Salah Berantai” Penulis lakukan ada beberapa tahap, setiap tahap ada beberapa langkah. Setiap langkah selalu memberdayakan potensi siswa, dipandu dengan alat peraga, buku paket, buku penunjang, atlas, peta, LKS dan diakhiri evaluasi dan tugas. Hasil yang dicapai menunjukkan peningkatan yang signifikan. Daya serap rata-rata dari siklus pertama sampai siklus ketiga meningkat menjadi 71%, nilai rata-rata 7,44 dan pemahaman siswa mempelajari konsep peta Indonesia 68% Selain hasil kuantitatif, penelitian ini juga dapat menumbuhkan rasa sosial dan solidaritas antar teman, menghargai pendapat orang lain, percaya diri tinggi, suasana kelas menyenangkan, disiplin, kreatif, dinamis,dan komunikatif.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7361
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7361 https://eprints.ums.ac.id/7361/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PETA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “BENAR SALAH BERANTAI” PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010 LAKSANA , LAKSANA LB Theory and practice of education Tujuan penelitisn ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap konsep Peta Indonesia, dengan kompetensi dasar : Peta Indonesia. Didasarkan pada kenyataan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi dengan perubahan sosial budaya. Mata pelajaran IPS bersifat luwes karena selalu mengikuti perkembangan jaman tetapi pada umumnya mata pelajaran IPS masih dianggap remeh tidak bergengsi bahkan sebagai mata pelajaran nomor 2 setelah matematika dan IPA. Sehingga sebagian besar siswa kurang berminat. Daya serap siswa 41,66% dan nilai rata-rata 6,75. Data ini menunjukkan kenyataan yang memprihatinkan, dan sekaligus menjadi tantangan bagi guru. Tentang Peta Indonesia. Penulis melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran “Benar Salah Berantai ” Pembelajaran “Benar Salah Berantai” Penulis lakukan ada beberapa tahap, setiap tahap ada beberapa langkah. Setiap langkah selalu memberdayakan potensi siswa, dipandu dengan alat peraga, buku paket, buku penunjang, atlas, peta, LKS dan diakhiri evaluasi dan tugas. Hasil yang dicapai menunjukkan peningkatan yang signifikan. Daya serap rata-rata dari siklus pertama sampai siklus ketiga meningkat menjadi 71%, nilai rata-rata 7,44 dan pemahaman siswa mempelajari konsep peta Indonesia 68% Selain hasil kuantitatif, penelitian ini juga dapat menumbuhkan rasa sosial dan solidaritas antar teman, menghargai pendapat orang lain, percaya diri tinggi, suasana kelas menyenangkan, disiplin, kreatif, dinamis,dan komunikatif. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7361/1/A510070450.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7361/2/A510070450.pdf LAKSANA , LAKSANA (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PETA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “BENAR SALAH BERANTAI” PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070450
spellingShingle LB Theory and practice of education
LAKSANA , LAKSANA
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PETA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “BENAR SALAH BERANTAI” PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PETA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “BENAR SALAH BERANTAI” PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PETA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “BENAR SALAH BERANTAI” PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PETA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “BENAR SALAH BERANTAI” PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PETA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “BENAR SALAH BERANTAI” PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PETA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “BENAR SALAH BERANTAI” PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_sort peningkatan pemahaman konsep peta indonesia melalui model pembelajaran benar salah berantai pada siswa kelas v sekolah dasar negeri 01 jatiharjo kecamatan jatipuro semester i tahun pelajaran 2009 2010
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/7361/
work_keys_str_mv AT laksanalaksana peningkatanpemahamankonseppetaindonesiamelaluimodelpembelajaranbenarsalahberantaipadasiswakelasvsekolahdasarnegeri01jatiharjokecamatanjatipurosemesteritahunpelajaran20092010