PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PETA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “BENAR SALAH BERANTAI” PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
Tujuan penelitisn ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap konsep Peta Indonesia, dengan kompetensi dasar : Peta Indonesia. Didasarkan pada kenyataan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi dengan perubahan sosial budaya. Mata pelajaran IPS bersifat luwes kar...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/7361/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitisn ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap konsep Peta Indonesia, dengan kompetensi dasar : Peta Indonesia. Didasarkan pada kenyataan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi dengan perubahan sosial budaya. Mata pelajaran IPS bersifat luwes karena selalu mengikuti perkembangan jaman tetapi pada umumnya mata pelajaran IPS masih dianggap remeh tidak bergengsi bahkan sebagai mata pelajaran nomor 2 setelah matematika dan IPA. Sehingga sebagian besar siswa kurang berminat. Daya serap siswa 41,66% dan nilai rata-rata 6,75. Data ini menunjukkan kenyataan yang memprihatinkan, dan sekaligus menjadi tantangan bagi guru.
Tentang Peta Indonesia. Penulis melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran “Benar Salah Berantai ”
Pembelajaran “Benar Salah Berantai” Penulis lakukan ada beberapa tahap, setiap tahap ada beberapa langkah. Setiap langkah selalu memberdayakan potensi siswa, dipandu dengan alat peraga, buku paket, buku penunjang, atlas, peta, LKS dan diakhiri evaluasi dan tugas. Hasil yang dicapai menunjukkan peningkatan yang signifikan. Daya serap rata-rata dari siklus pertama sampai siklus ketiga meningkat menjadi 71%, nilai rata-rata 7,44 dan pemahaman siswa mempelajari konsep peta Indonesia 68%
Selain hasil kuantitatif, penelitian ini juga dapat menumbuhkan rasa sosial dan solidaritas antar teman, menghargai pendapat orang lain, percaya diri tinggi, suasana kelas menyenangkan, disiplin, kreatif, dinamis,dan komunikatif.
|
---|