PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Nita Mujayanti, A210060183, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: MUJAYANTI , NITA
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
منشور في: 2010
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/7348/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
_version_ 1804994608125444096
author MUJAYANTI , NITA
author_facet MUJAYANTI , NITA
author_sort MUJAYANTI , NITA
collection ePrints
description PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Nita Mujayanti, A210060183, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang strategi belajar group resume terhadap hasil belajar ekonomi. 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi. 3) Untuk mengetahui pengaruh strategi belajar group resume dan minat siswa terhadap hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil sebanyak 52 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang strategi belajar Group Resume berpengaruh tarhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,306 > 2,010 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,025. 2) Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,623 > 2,010 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang strategi belajar group resume dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 14,911 > 3,187 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Persamaan regresi: Y= 59,201 + 0,273X1 + 0,313X2. Variabel persepsi siswa tentang strategi belajar group resume memberikan sumbangan relatif sebesar 22,6% dan sumbangan efektif 8,5%. Variabel minat belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 77,4% dan sumbangan efektif 29,3%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel minat belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap hasil belajar ekonomi dibandingkan variabel persepsi siswa tentang strategi belajar group resume.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7348
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7348 https://eprints.ums.ac.id/7348/ PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 MUJAYANTI , NITA HB Economic Theory PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Nita Mujayanti, A210060183, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang strategi belajar group resume terhadap hasil belajar ekonomi. 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi. 3) Untuk mengetahui pengaruh strategi belajar group resume dan minat siswa terhadap hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil sebanyak 52 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang strategi belajar Group Resume berpengaruh tarhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,306 > 2,010 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,025. 2) Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,623 > 2,010 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang strategi belajar group resume dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 14,911 > 3,187 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Persamaan regresi: Y= 59,201 + 0,273X1 + 0,313X2. Variabel persepsi siswa tentang strategi belajar group resume memberikan sumbangan relatif sebesar 22,6% dan sumbangan efektif 8,5%. Variabel minat belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 77,4% dan sumbangan efektif 29,3%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel minat belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap hasil belajar ekonomi dibandingkan variabel persepsi siswa tentang strategi belajar group resume. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7348/1/A210060183.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7348/2/A210060183.pdf MUJAYANTI , NITA (2010) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060183
spellingShingle HB Economic Theory
MUJAYANTI , NITA
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh persepsi siswa tentang strategi belajar group resume dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas x sma muhammadiyah 2 surakarta tahun pelajaran 2009 2010
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/7348/
work_keys_str_mv AT mujayantinita pengaruhpersepsisiswatentangstrategibelajargroupresumedanminatbelajarterhadaphasilbelajarekonomisiswakelasxsmamuhammadiyah2surakartatahunpelajaran20092010