PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN MENGAJAR DAN KETERSEDIAAN MEDIA TERHADAP KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PENGAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI SE-KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan secara bersama-sama tingkat pendidikan guru, pengalaman mengajar guru, dan ketersediaan media pengajaran terhadap kemampuan menggunakan media pengajaran oleh guru pengajar IPS di Kelas III (tiga) di Sekolah Dasar Negeri se-...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/7297/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan
secara bersama-sama tingkat pendidikan guru, pengalaman mengajar guru, dan
ketersediaan media pengajaran terhadap kemampuan menggunakan media
pengajaran oleh guru pengajar IPS di Kelas III (tiga) di Sekolah Dasar Negeri se-
Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri.
Populasi penelitian adalah guru kelas III Sekolah Dasar Negeri Se-
Kecamatan Sidoharjo diantaranya Dabin I, Dabin II, dabin III yang menggunakan
media pengajar IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
angket dan test, angket digunakan untuk mengumpulkan data tingkat pendidikan,
pengalaman belajarm dan ketersediaan media pengajaran. Untuk mengumpulkan
data kemampuan guru menggunakan metode test.
Hasil penelitian menunjukkan tiga variabel independen yaitu tingkat
pendidikan guru, pengalaman mengajar guru, dan ketersediaan media pengajaran,
berpengaruh terhadap kemampuan menggunakan media pengajaran oleh guru
pengajar IPS di Kelas III (tiga) di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sidoharjo
Kabupaten Wonogiri masing-masing diperoleh thitung sebesar 2,099; 2,436 dan
2,154 lebih besar dari ttabel 2,042 pada taraf signifikan 5%.
Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan guru,
pengalaman mengajar guru, dan ketersediaan media pengajaran terhadap
kemampuan menggunakan media pengajaran oleh guru pengajar IPS di Kelas III
(tiga) di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri
secara bersama-sama, dengan nilai Fhitung sebesar 11,207 lebih besar batas
kritisnya (2,92) pada taraf signifikan 5%.
Berdasarkan temuan tersebut disarankan pertama, tingkat pendidikan perlu
dijadikan acuan kebijakan bagi para pengelola pendidikan dasar dan kepala
sekolah dasar, terutama dalam penerimaan guru baru dan pemberian tugas guru
untuk mengajar bidang studi IPS. Hal ini perlu diperhatikan karena kegiatan
proses belajar-mengajar akan dapat berjalan lancar apabila para guru mempunyai
kemampuan yang memadai. Kedua, disarankan kepada jajaran Dinas Pendidikan
Nasional melalui Dinas Pendidikan dan Propinsi Jawa Tengah melalui Dinas
Pendidikan Kabupaten Wonogiri dan Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan
Sidoharjo dan khususnya kepada pihak kepala Sekolah Dasar Negeri se-
Kecamatan Sidoharjo untuk dapat memberikan perhatian dan dukungan dana dari
pemerintah dalam usaha peningkatan sarana dan prasarana belajar-mengajar di
sekolah. Ketiga, disarankan kepada para guru Sekolah Dasar Negeri se-
Kecamatan Sidoharjo khususnya dan para guru Sekolah Dasar Negeri se-
Kabupaten Wonogiri pada umumnya untuk terus menerus meningkatkan
kemampuan dalam penggunaan media pengajaran IPS, yaitu guru diharapkan
untuk mengetahui dan memahami jenis-jenis media pengajaran IPS dan
menggunakan media-media pengajaran tersebut sesuai dengan fungsinya agar
tujuan belajar dapat tercapai sebagaimana yang diharapkan. |
---|