MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 KOTA SURAKARTA

Implementasi Undang-undang Republik Indonesia Nomur 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional memberikan dukungan yang signifikan terhadap hak dan kewajiban warga Negara dalam memperoleh pendidikan di Indonesia. Hal ini dapat dimaklumi mengingat pada bab IV Bagian Sesatu pasal 5...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YULIYANTO , YULIYANTO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7292/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116510004740096
author YULIYANTO , YULIYANTO
author_facet YULIYANTO , YULIYANTO
author_sort YULIYANTO , YULIYANTO
collection ePrints
description Implementasi Undang-undang Republik Indonesia Nomur 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional memberikan dukungan yang signifikan terhadap hak dan kewajiban warga Negara dalam memperoleh pendidikan di Indonesia. Hal ini dapat dimaklumi mengingat pada bab IV Bagian Sesatu pasal 5 ayat 4 mengamanatkan bahwa “ warga Negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus” . Selanjutnya pada Bab V pasal 12 ayat 1 menegaskan bahwa “ setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak : (b) mendapat layanan pendidikan sesuai bakat, minat dan kemampuannya (f) menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman ketentuan penyelenggaraan program percepatan belajar, bagaimana manajemen penyelenggaraan program akselerasi dalam layanan anak yang memiliki bakat dan kecerdasan luar biasa, dan mengetahui bagaimana keberhasilah prestasi yang dicapai dari siswa peserta program kelas akselerasi di SD Negeri Cemara Dua no.13 Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDN Cemara Dua Surakarta pada program kelas akselerasi. Subyek Penelitian adalah kepala sekolah guru dan siswa kelas akselerasi. Sebagai penelitian kualitatif, penelitian ini membutuhkan keterangan- keterangan yang mendalam dan terinci. Peneliti terjun langsung di lapangan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman SDN Cemara Dua Kota Surakarta tentang ketentuan penyelenggaraan program percepatan belajar belum sepenuhnya dipahami substansinya oleh Kepala Sekolah dan guru terutama arah kebijakan dari penyelenggaraan program akselerasi ini. Sekolah hanya melaksanakan perintah penunjukan dari dinas, sehingga manajemen penyelenggaraannya menurut kemampuan pemahaman sekolah berdasarkan buku pedomam yang diberikan dinas. Penyelenggaraan sistem percepatan belajar bagi siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa merupakan satu strategi alternatif yang relevan; disamping bertujuan untuk memberikan pelayanan pendidikan sesuai dengan potensi siswa, juga untuk mengimbangi kekurangan yang terdapat pada strategi klasikal masal. Pelayanan pendidikan yang berdeferensisi dengan menggunakan kurikulum yang berdiversifikasi dapat diimplementasikan melalui penyelenggaraan sistem percepatan kelas ( akselerasi ). Dengan sistem percepatan kelas, siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa diberi peluang untuk menyelesaikan studi di sekolah dasar dari 6 tahun menjadi 5 tahun, dengan menyelesaikan semua target kurikulum tanpa meloncat kelas.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7292
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7292 https://eprints.ums.ac.id/7292/ MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 KOTA SURAKARTA YULIYANTO , YULIYANTO L Education (General) Implementasi Undang-undang Republik Indonesia Nomur 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional memberikan dukungan yang signifikan terhadap hak dan kewajiban warga Negara dalam memperoleh pendidikan di Indonesia. Hal ini dapat dimaklumi mengingat pada bab IV Bagian Sesatu pasal 5 ayat 4 mengamanatkan bahwa “ warga Negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus” . Selanjutnya pada Bab V pasal 12 ayat 1 menegaskan bahwa “ setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak : (b) mendapat layanan pendidikan sesuai bakat, minat dan kemampuannya (f) menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman ketentuan penyelenggaraan program percepatan belajar, bagaimana manajemen penyelenggaraan program akselerasi dalam layanan anak yang memiliki bakat dan kecerdasan luar biasa, dan mengetahui bagaimana keberhasilah prestasi yang dicapai dari siswa peserta program kelas akselerasi di SD Negeri Cemara Dua no.13 Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDN Cemara Dua Surakarta pada program kelas akselerasi. Subyek Penelitian adalah kepala sekolah guru dan siswa kelas akselerasi. Sebagai penelitian kualitatif, penelitian ini membutuhkan keterangan- keterangan yang mendalam dan terinci. Peneliti terjun langsung di lapangan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman SDN Cemara Dua Kota Surakarta tentang ketentuan penyelenggaraan program percepatan belajar belum sepenuhnya dipahami substansinya oleh Kepala Sekolah dan guru terutama arah kebijakan dari penyelenggaraan program akselerasi ini. Sekolah hanya melaksanakan perintah penunjukan dari dinas, sehingga manajemen penyelenggaraannya menurut kemampuan pemahaman sekolah berdasarkan buku pedomam yang diberikan dinas. Penyelenggaraan sistem percepatan belajar bagi siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa merupakan satu strategi alternatif yang relevan; disamping bertujuan untuk memberikan pelayanan pendidikan sesuai dengan potensi siswa, juga untuk mengimbangi kekurangan yang terdapat pada strategi klasikal masal. Pelayanan pendidikan yang berdeferensisi dengan menggunakan kurikulum yang berdiversifikasi dapat diimplementasikan melalui penyelenggaraan sistem percepatan kelas ( akselerasi ). Dengan sistem percepatan kelas, siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa diberi peluang untuk menyelesaikan studi di sekolah dasar dari 6 tahun menjadi 5 tahun, dengan menyelesaikan semua target kurikulum tanpa meloncat kelas. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7292/1/Q100040109.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7292/2/Q100040109.pdf YULIYANTO , YULIYANTO (2006) MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 KOTA SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . Q100040109
spellingShingle L Education (General)
YULIYANTO , YULIYANTO
MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 KOTA SURAKARTA
title MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 KOTA SURAKARTA
title_full MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 KOTA SURAKARTA
title_fullStr MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 KOTA SURAKARTA
title_full_unstemmed MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 KOTA SURAKARTA
title_short MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PROGRAM AKSELERASI DALAM LAYANAN ANAK BERBAKAT DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 KOTA SURAKARTA
title_sort manajemen penyelenggaraan program akselerasi dalam layanan anak berbakat di sekolah dasar studi kasus di sd negeri cemara dua no 13 kota surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/7292/
work_keys_str_mv AT yuliyantoyuliyanto manajemenpenyelenggaraanprogramakselerasidalamlayanananakberbakatdisekolahdasarstudikasusdisdnegericemaraduano13kotasurakarta