PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK ( VISUAL AUDITORI KINESTETIK ) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (PTK Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010 )

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah 1) Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran VAK kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dan 2) Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelaj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sugiarti , Ari
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7261/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah 1) Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran VAK kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dan 2) Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran VAK kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIIIA dan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 41 siswa. Peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa adalah obyek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa. Adanya peningkatan motivasi dapat dilihat dari indikator – indikator yang meliputi: 1) Antusias siswa dalam belajar sebelum tindakan 31,71% dan diakhir tindakan 82,93%, 2) Memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 51,22% dan diakhir tindakan 87,80%, 3) Aktif, sering mengajukan dan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 9,76% dan diakhir tindakan 65,85%, 4) Mengerjakan soal pelatihan dari guru sebelum tindakan 58,54% dan diakhir tindakan 92,68%, 5) Kemandirian dalam pembelajaran sebelum tindakan 12,19% dan diakhir tindakan 70,73%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mencapai target KKM sebelum tindakan 36,58% dan diakhir tindakan 85,36%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada meningkatnya prestasi belajar siswa.