BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH ALTERNATIF (Studi Etnografi di SMP Alternatif Bumi Madania Salatiga)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya belajar matematika yang meliputi budaya belajar matematika siswa dengan guru (pendamping), budaya siswa belajar mandiri, dan interaksi antar siswa dalam belajar matematika. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan adalah...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: NOVIASARI , UMI
Format: Disertacija
Jezik:English
English
Izdano: 2010
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/7250/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
_version_ 1804994606491762688
author NOVIASARI , UMI
author_facet NOVIASARI , UMI
author_sort NOVIASARI , UMI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya belajar matematika yang meliputi budaya belajar matematika siswa dengan guru (pendamping), budaya siswa belajar mandiri, dan interaksi antar siswa dalam belajar matematika. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan adalah kepala sekolah, pendamping, dan siswa di SMP Alternatif Bumi Madania salatiga. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian (1) budaya belajar matematika siswa dengan pendamping diantaranya adalah pendamping berkedudukan sebagai teman dalam belajar, pendamping tidak membuat rancangan peelaksanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu, materi matematika diperoleh dari buku yang diterbitkan oleh PUSKUR (Pusat Kurikulum) dan buku-buku lain yang ada hubungannya dengan matematika serta bersumber dari internet, dalam pelaksanaan pembelajaran materi diberikan tidak urut seperti pada kurikulum, metode pembelajaran yang digunakan adalah RME, kontekstual, ceramah, dan kooperatif, pendamping selalu siap dimanapun dan kapanpun siswa membutuhkan; (2) budaya belajar mandiri siswa diantaranya adalah siswa belajar di dalam kelas maupun di luar kelas dan tidak terikat dengan waktu, alam sekitar digunakan sebagai laboratorium dalam pembelajaran matematika, setiap siswa mempersiapkan materi sebelum pembelajaran dilaksanakan dan dituntut untuk dapat mengaplikasikan dan menerapkan matematika dalam kehidupan nyata; (3) interaksi antar siswa berjalan dengan baik, rasa kebersamaan dan kerjasama sudah dimiliki oleh setiap diri siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7250
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7250 https://eprints.ums.ac.id/7250/ BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH ALTERNATIF (Studi Etnografi di SMP Alternatif Bumi Madania Salatiga) NOVIASARI , UMI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya belajar matematika yang meliputi budaya belajar matematika siswa dengan guru (pendamping), budaya siswa belajar mandiri, dan interaksi antar siswa dalam belajar matematika. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan adalah kepala sekolah, pendamping, dan siswa di SMP Alternatif Bumi Madania salatiga. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian (1) budaya belajar matematika siswa dengan pendamping diantaranya adalah pendamping berkedudukan sebagai teman dalam belajar, pendamping tidak membuat rancangan peelaksanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu, materi matematika diperoleh dari buku yang diterbitkan oleh PUSKUR (Pusat Kurikulum) dan buku-buku lain yang ada hubungannya dengan matematika serta bersumber dari internet, dalam pelaksanaan pembelajaran materi diberikan tidak urut seperti pada kurikulum, metode pembelajaran yang digunakan adalah RME, kontekstual, ceramah, dan kooperatif, pendamping selalu siap dimanapun dan kapanpun siswa membutuhkan; (2) budaya belajar mandiri siswa diantaranya adalah siswa belajar di dalam kelas maupun di luar kelas dan tidak terikat dengan waktu, alam sekitar digunakan sebagai laboratorium dalam pembelajaran matematika, setiap siswa mempersiapkan materi sebelum pembelajaran dilaksanakan dan dituntut untuk dapat mengaplikasikan dan menerapkan matematika dalam kehidupan nyata; (3) interaksi antar siswa berjalan dengan baik, rasa kebersamaan dan kerjasama sudah dimiliki oleh setiap diri siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7250/1/A410060188.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7250/2/A410060188.PDF NOVIASARI , UMI (2010) BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH ALTERNATIF (Studi Etnografi di SMP Alternatif Bumi Madania Salatiga). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060188
spellingShingle L Education (General)
NOVIASARI , UMI
BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH ALTERNATIF (Studi Etnografi di SMP Alternatif Bumi Madania Salatiga)
title BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH ALTERNATIF (Studi Etnografi di SMP Alternatif Bumi Madania Salatiga)
title_full BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH ALTERNATIF (Studi Etnografi di SMP Alternatif Bumi Madania Salatiga)
title_fullStr BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH ALTERNATIF (Studi Etnografi di SMP Alternatif Bumi Madania Salatiga)
title_full_unstemmed BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH ALTERNATIF (Studi Etnografi di SMP Alternatif Bumi Madania Salatiga)
title_short BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH ALTERNATIF (Studi Etnografi di SMP Alternatif Bumi Madania Salatiga)
title_sort budaya belajar matematika sekolah alternatif studi etnografi di smp alternatif bumi madania salatiga
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/7250/
work_keys_str_mv AT noviasariumi budayabelajarmatematikasekolahalternatifstudietnografidismpalternatifbumimadaniasalatiga