PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS PORTOFOLIO (PTK Pembelajaran Matematika kelas VII SMP N 2 Gatak)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi contextual teaching and learning (CTL) berbasis portofolio dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SHOLIKHAH, ALIMATUS
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7228/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi contextual teaching and learning (CTL) berbasis portofolio dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 30 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII-A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada peningkatan motivasi belajar melalui strategi contextual teaching and learning (CTL) berbasis portofolio. Hal ini dilihat dari aspek a). Kemauan siswa dalam mengerjakan tugas matematika dari sebelum tindakan 16,67% meningkat menjadi 86,67% pada akhir tindakan; b). Perasaan senang siswa terhadap mata pelajaran matematika dan guru matematika dari sebelum tindakan 10% meningkat menjadi 66,67% pada akhir tindakan; c). Semangat belajar siswa agar dapat berprestasi dari sebelum tindakan 6,67% meningkat menjadi 63,33% setelah tindakan; d) tercapainya kriteria ketuntasan minimal dari sebelum tindakan 23,33% meningkat menjadi 83,33% setelah tindakan. (2) ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam mengerjakan tugas mandiri dari 23,33% sebelum tindakan menjadi 93,33% setelah akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan contextual teaching and learning (CTL) berbasis portofolio dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.