PENINGKATAN KREATIFITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI BENTUK PECAHAN ALJABAR MELALUI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Kelas VII A SMP Negeri 3 Cawas Tahun Ajaran 2009/2010)

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan kreatifitas siswa pada bidang studi matematika melalui model pembelajaran Active Knowledge Sharing, dan 2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Active Knowledge Sharing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (P...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Besthadha, Oktanti
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7217/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan kreatifitas siswa pada bidang studi matematika melalui model pembelajaran Active Knowledge Sharing, dan 2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Active Knowledge Sharing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang melakukan tindakan dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VII yang bekerjasama dengan peneliti serta rekan sesama peneliti sebagai pengamat, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Cawas Klaten. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumetasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik peningkatan ketekunan, triangulasi, diskusi teman sejawat, dan member check. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) peningkatan kreativitas siswa yang meliputi: (a) kreatifitas siswa dalam bertanya sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 26,32% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 71,05%, (b) kreatifitas siswa dalam mengemukakan ide atau pendapat sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 21,05% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 52,63%, dan (c) kreatifitas siswa dalam mengerjakan soal-soal di depan kelas sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 31,58% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 76,32%, dan 2)meningkatkan prestasi belajar siswa sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 52,63% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 68,42%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan kreativitas siswa pada sub pokok bahasan operasi bentuk pecahan aljabar sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.