EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN METODE PENEMUAN PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Tahun Pelajaran 2008/2009)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan metode penemuan, (2) Perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika jika ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) interaksi antara metode mengajar d...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/7200/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan metode penemuan, (2) Perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika jika ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) interaksi antara metode mengajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP N 3 Purwantoro yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 72 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas VIII-C sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampelnya adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar siswa, metode angket untuk data motivasi belajar siswa serta metode dokumentasi utuk mengetahui nilai ujian semester I matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Tenik analisis data menggunakan analisis variansi (anova) dua jalur. Hasil pengujian hipotesis menggunakan menunjukkan (1) Fhitung = 9,407 > Ftabel = 3,986 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pembelajaran dengan metode penemuan, (2) F hitung = 7,021 > F tabel= 3,136 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan terhadap prestasi belajar matematika jika ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) F hitung = 0,834 < F tabel = 3,136 sehingga H0 diterima yang berarti tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. |
---|