PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematika pada siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran elaborasi dalam kelompok kecil. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRABOWO, MUHAMMAD ARIF
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2009
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7195/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116508320727040
author PRABOWO, MUHAMMAD ARIF
author_facet PRABOWO, MUHAMMAD ARIF
author_sort PRABOWO, MUHAMMAD ARIF
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematika pada siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran elaborasi dalam kelompok kecil. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Gemolong yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika pada siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear dengan satu variabel. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan siswa dalam merepresentasi sebelum tindakan sebesar 22,5 %, pada putaran I sebesar 30 %, pada putaran II sebesar 62,5 %, di akhir putaran mencapai 80%, 2) Kemampuan siswa dalam mengkonstruksi sebelum diadakan tindakan sebesar 17,5 %, pada putaran I sebesar 27,5 %, pada putaran II sebesar 50 %, di akhir putaran mencapai 67,5 %, 3) Kemampuan siswa dalam kerjasama kelompok sebelum diadakan tindakan sebesar 25%, pada putaran I sebesar 37,5%, pada putaran II sebesar 55%, di akhir putaran mencapai 75%. Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gemolong ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran elaborasi dalam kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7195
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2009
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7195 https://eprints.ums.ac.id/7195/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG PRABOWO, MUHAMMAD ARIF L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematika pada siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran elaborasi dalam kelompok kecil. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Gemolong yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika pada siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear dengan satu variabel. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan siswa dalam merepresentasi sebelum tindakan sebesar 22,5 %, pada putaran I sebesar 30 %, pada putaran II sebesar 62,5 %, di akhir putaran mencapai 80%, 2) Kemampuan siswa dalam mengkonstruksi sebelum diadakan tindakan sebesar 17,5 %, pada putaran I sebesar 27,5 %, pada putaran II sebesar 50 %, di akhir putaran mencapai 67,5 %, 3) Kemampuan siswa dalam kerjasama kelompok sebelum diadakan tindakan sebesar 25%, pada putaran I sebesar 37,5%, pada putaran II sebesar 55%, di akhir putaran mencapai 75%. Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gemolong ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran elaborasi dalam kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada siswa. 2009 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7195/1/A410050066.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7195/2/A410050066.PDF PRABOWO, MUHAMMAD ARIF (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410050066
spellingShingle L Education (General)
PRABOWO, MUHAMMAD ARIF
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DALAM KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 2 GEMOLONG
title_sort penerapan model pembelajaran elaborasi dalam kelompok kecil untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas vii semester gasal di smp negeri 2 gemolong
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/7195/
work_keys_str_mv AT prabowomuhammadarif penerapanmodelpembelajaranelaborasidalamkelompokkeciluntukmeningkatkankemampuankomunikasimatematikapadasiswakelasviisemestergasaldismpnegeri2gemolong