PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Karangmalang, Sragen)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan respon siswa yang mau bertanya, mengeluarkan ide atau gagasan, mengerjakan PR, mengerjakan soal-soal latihan, maju ke depan melalui strategi metakognitif dan untuk mengetahui peningkatan respon belajar siswa melalui strategi metakognitif pada siswa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/7184/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan respon siswa yang mau bertanya, mengeluarkan ide atau gagasan, mengerjakan PR, mengerjakan soal-soal latihan, maju ke depan melalui strategi metakognitif dan untuk mengetahui peningkatan respon belajar siswa melalui strategi metakognitif pada siswa kelas VII semester I SMP. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 01 Karangmalang yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan respon siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan siswa mengerjakan soal matematika ke depan sebelum diadakan tindakan 12, 5 % dan sesudah tindakan 47, 5 %, 2) siswa memberikan tanggapan sebelum adanya tindakan 10 % dan sesudah tindakan 32, 5 %, 3) kemampuan siswa dalam mengajukan ide/gagasan sebelum tindakan 7, 5 % dan sesudah tindakan 52, 5 %. 4) kemauan siswa dalam mengerjakan PR sebelum tindakan 10 % dan sesudah tindakan 40 %. 5) kemauan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan sebelum tindakan 17, 5 % dan sesudah tindakan 70 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan Strategi Metakognitif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan respon belajar matematika siswa. |
---|