PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2008/2009

membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R; (2) mendeskripsikan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R; (3) mendeskripsikan persepsi dan kesan siswa terhadap penggunaan t...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: Riandanita, Dhefi
Format: Disertacija
Jezik:English
English
Izdano: 2010
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/7097/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
_version_ 1804116506726891520
author Riandanita, Dhefi
author_facet Riandanita, Dhefi
author_sort Riandanita, Dhefi
collection ePrints
description membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R; (2) mendeskripsikan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R; (3) mendeskripsikan persepsi dan kesan siswa terhadap penggunaan teknik SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan menemukan gagasan utama. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan hasil membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi dengan teknik SQ3R di kelas VII A SMP Negeri 3 Jepon, Kabupaten Blora. Data pada penelitian ini adalah (1) jawaban siswa tentang penemuan gagasan utama sebelum menggunakan teknik SQ3R dan setelah menggunakan teknik SQ3R; (2) perhatian siswa saat mengikuti kegiatan membaca dengan menemukan gagasan utama menggunakan teknik SQ3R; (3) persepsi dan kesan siswa terhadap penggunaan teknik SQ3R untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama. Data penelitian ini diambil dengan cara (1) observasi; (2) wawancara; dan (3) tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) menyusun rencana tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) teknik SQ3R dapat meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Jepon, Kabupaten Blora. Nilai siswa telah mencapai ketuntasan nilai yang ditentukan yaitu 65; (2) perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran menemukan gagasan utama pada teks argumentasi dengan teknik SQ3R dapat di lihat dari keaktifan siswa di dalam kelas. Pada siklus I siswa yang aktif hanya berkisar antara 4-20 siswa, sedangkan pada siklus II siswa aktif hingga 30 siswa; (3) siswa terlihat tertarik atau antusias mengikuti pembelajaran menemukan gagasan utama pada teks argumentasi. Siswa terlihat memperhatikan pelajaran dengan serius. Siswa menyatakan lebih menyukai pembelajaran menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R dari pada pembelajaran yang biasa mereka alami; (4) guru sudah memperbaiki teknik mengajar yang diterapkan kepada siswa
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7097
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7097 https://eprints.ums.ac.id/7097/ PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2008/2009 Riandanita, Dhefi L Education (General) membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R; (2) mendeskripsikan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R; (3) mendeskripsikan persepsi dan kesan siswa terhadap penggunaan teknik SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan menemukan gagasan utama. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan hasil membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi dengan teknik SQ3R di kelas VII A SMP Negeri 3 Jepon, Kabupaten Blora. Data pada penelitian ini adalah (1) jawaban siswa tentang penemuan gagasan utama sebelum menggunakan teknik SQ3R dan setelah menggunakan teknik SQ3R; (2) perhatian siswa saat mengikuti kegiatan membaca dengan menemukan gagasan utama menggunakan teknik SQ3R; (3) persepsi dan kesan siswa terhadap penggunaan teknik SQ3R untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama. Data penelitian ini diambil dengan cara (1) observasi; (2) wawancara; dan (3) tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) menyusun rencana tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) teknik SQ3R dapat meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Jepon, Kabupaten Blora. Nilai siswa telah mencapai ketuntasan nilai yang ditentukan yaitu 65; (2) perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran menemukan gagasan utama pada teks argumentasi dengan teknik SQ3R dapat di lihat dari keaktifan siswa di dalam kelas. Pada siklus I siswa yang aktif hanya berkisar antara 4-20 siswa, sedangkan pada siklus II siswa aktif hingga 30 siswa; (3) siswa terlihat tertarik atau antusias mengikuti pembelajaran menemukan gagasan utama pada teks argumentasi. Siswa terlihat memperhatikan pelajaran dengan serius. Siswa menyatakan lebih menyukai pembelajaran menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R dari pada pembelajaran yang biasa mereka alami; (4) guru sudah memperbaiki teknik mengajar yang diterapkan kepada siswa 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7097/1/A310050103.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7097/2/A310050103.PDF Riandanita, Dhefi (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310050103
spellingShingle L Education (General)
Riandanita, Dhefi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2008/2009
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2008/2009
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2008/2009
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2008/2009
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2008/2009
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2008/2009
title_sort peningkatan kemampuan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik sq3r pada siswa kelas vii smp negeri 3 jepon kabupaten blora tahun ajaran 2008 2009
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/7097/
work_keys_str_mv AT riandanitadhefi peningkatankemampuanmenemukangagasanutamapadateksargumentasimenggunakantekniksq3rpadasiswakelasviismpnegeri3jeponkabupatenbloratahunajaran20082009