PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2008/2009
membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R; (2) mendeskripsikan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R; (3) mendeskripsikan persepsi dan kesan siswa terhadap penggunaan t...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/7097/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R; (2) mendeskripsikan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R; (3) mendeskripsikan persepsi dan kesan siswa terhadap penggunaan teknik SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan menemukan gagasan utama. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan hasil membaca dengan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi dengan teknik SQ3R di kelas VII A SMP Negeri 3 Jepon, Kabupaten Blora. Data pada penelitian ini adalah (1) jawaban siswa tentang penemuan gagasan utama sebelum menggunakan teknik SQ3R dan setelah menggunakan teknik SQ3R; (2) perhatian siswa saat mengikuti kegiatan membaca dengan menemukan gagasan utama menggunakan teknik SQ3R; (3) persepsi dan kesan siswa terhadap penggunaan teknik SQ3R untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama. Data penelitian ini diambil dengan cara (1) observasi; (2) wawancara; dan (3) tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) menyusun rencana tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) teknik SQ3R dapat meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama pada teks argumentasi siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Jepon, Kabupaten Blora. Nilai siswa telah mencapai ketuntasan nilai yang ditentukan yaitu 65; (2) perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran menemukan gagasan utama pada teks argumentasi dengan teknik SQ3R dapat di lihat dari keaktifan siswa di dalam kelas. Pada siklus I siswa yang aktif hanya berkisar antara 4-20 siswa, sedangkan pada siklus II siswa aktif hingga 30 siswa; (3) siswa terlihat tertarik atau antusias mengikuti pembelajaran menemukan gagasan utama pada teks argumentasi. Siswa terlihat memperhatikan pelajaran dengan serius. Siswa menyatakan lebih menyukai pembelajaran menemukan gagasan utama pada teks argumentasi menggunakan teknik SQ3R dari pada pembelajaran yang biasa mereka alami; (4) guru sudah memperbaiki teknik mengajar yang diterapkan kepada siswa |
---|