KONTRIBUSI QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Siswa SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun 2005 )
Mahsun Alwa’id, Kontribusi Quantum Learning dan Motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa ( Studi terhadap SLTP Qoryah Thoyyibah Kalibening, salatiga ) Program Pascasarjana UMS , Jenjang : Megister , Program studi Pendidikan Islam,. Konsentrasi : Managemen dan Kebijakan Pendidikan Islam...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2005
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/7044/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804116505918439424 |
---|---|
author | Alwa’id , Mahsun |
author_facet | Alwa’id , Mahsun |
author_sort | Alwa’id , Mahsun |
collection | ePrints |
description | Mahsun Alwa’id, Kontribusi Quantum Learning dan Motivasi belajar terhadap
Prestasi Belajar Siswa ( Studi terhadap SLTP Qoryah Thoyyibah Kalibening, salatiga )
Program Pascasarjana UMS , Jenjang : Megister , Program studi Pendidikan Islam,.
Konsentrasi : Managemen dan Kebijakan Pendidikan Islam. Tesis. Oktober 2005.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menemukan : (1). Bukti-bukti seberapa
besar kontribusi Qunatum Learning dengan motivasi belajar siswa, (2) Bukti seberapa
besar kontribusi motivasi belajar dengan presatasi belajar siswa . (3) Bukti seberapa
besar konstribusi quantum Learning terhadap prestasi belajar
Populasi penelitian adalah siswa kelas !, II dan III SLTP Qoryah Thoyyibah
tahun pelajaran 2005-2006. dari populasi 58 siswa, diambil 40 siswa sebagai sample
penelitiasn dengan menggunakan tehnik “proporsiaonal stratified random sampling “. s
sSedang tehnik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, dokumentasi,
observasi, dan penyebaran angket ( unrtuk variabel Quantum Learning dan motivasi
belajar ).
Instrumen penelitian untuk variabel Quantm Learning dan motivasi belajar
berbentuk kuesioner, pengujian kesahihan kuesioner dengan menggunkan rumus korelalsi
product moment dari Pearson, dan selanjutnya dikoreksi dengan rumus Formula Guil
Ford. Untuk uji reliabilitas instrument digunakan rumus alfa. Sedag prestasi belajar siswa
diambil dari nilai hasil tes Mid semester ganjil .
Data penelitian dianalisis dengan statistik korelasi dan regresi yang selanjutnya
diui dengan Uji F dengan menggunakan analisia prgogram SPP 11.0 Ford Windaus.
Hasil penelitian di dapatkan (1) ada kontribusi yang signifikan antara quantum learning
dengan motifasi belajar siswa 0.566 (2) Ada kontribusi yang siniofikan antara motifasi
dengan prestasi belajar siswa 0.561 (3) Ada konstribusi yang sinifikan antara quantum
Learning dengan prestasi belajar siswa 0.647.
Berdasarkannlai penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagin besar prestasi
belajar siswa di SLTP Qoryah Thoyyibah Kalibening Salatiga dapat ditingkatkan atau
diprediksi melalui model sistim bekajar dengan mengunakan quantum Learning. Dan
motifasi belajar yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap peningkatan prestasi
belajar siswa . |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:7044 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2005 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:7044 https://eprints.ums.ac.id/7044/ KONTRIBUSI QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Siswa SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun 2005 ) Alwa’id , Mahsun BP Bahaism. Theosophy, etc Mahsun Alwa’id, Kontribusi Quantum Learning dan Motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa ( Studi terhadap SLTP Qoryah Thoyyibah Kalibening, salatiga ) Program Pascasarjana UMS , Jenjang : Megister , Program studi Pendidikan Islam,. Konsentrasi : Managemen dan Kebijakan Pendidikan Islam. Tesis. Oktober 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menemukan : (1). Bukti-bukti seberapa besar kontribusi Qunatum Learning dengan motivasi belajar siswa, (2) Bukti seberapa besar kontribusi motivasi belajar dengan presatasi belajar siswa . (3) Bukti seberapa besar konstribusi quantum Learning terhadap prestasi belajar Populasi penelitian adalah siswa kelas !, II dan III SLTP Qoryah Thoyyibah tahun pelajaran 2005-2006. dari populasi 58 siswa, diambil 40 siswa sebagai sample penelitiasn dengan menggunakan tehnik “proporsiaonal stratified random sampling “. s sSedang tehnik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, dokumentasi, observasi, dan penyebaran angket ( unrtuk variabel Quantum Learning dan motivasi belajar ). Instrumen penelitian untuk variabel Quantm Learning dan motivasi belajar berbentuk kuesioner, pengujian kesahihan kuesioner dengan menggunkan rumus korelalsi product moment dari Pearson, dan selanjutnya dikoreksi dengan rumus Formula Guil Ford. Untuk uji reliabilitas instrument digunakan rumus alfa. Sedag prestasi belajar siswa diambil dari nilai hasil tes Mid semester ganjil . Data penelitian dianalisis dengan statistik korelasi dan regresi yang selanjutnya diui dengan Uji F dengan menggunakan analisia prgogram SPP 11.0 Ford Windaus. Hasil penelitian di dapatkan (1) ada kontribusi yang signifikan antara quantum learning dengan motifasi belajar siswa 0.566 (2) Ada kontribusi yang siniofikan antara motifasi dengan prestasi belajar siswa 0.561 (3) Ada konstribusi yang sinifikan antara quantum Learning dengan prestasi belajar siswa 0.647. Berdasarkannlai penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagin besar prestasi belajar siswa di SLTP Qoryah Thoyyibah Kalibening Salatiga dapat ditingkatkan atau diprediksi melalui model sistim bekajar dengan mengunakan quantum Learning. Dan motifasi belajar yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa . 2005 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7044/1/0000030027.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7044/2/0000030027.pdf Alwa’id , Mahsun (2005) KONTRIBUSI QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Siswa SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun 2005 ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . 0000030027 |
spellingShingle | BP Bahaism. Theosophy, etc Alwa’id , Mahsun KONTRIBUSI QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Siswa SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun 2005 ) |
title | KONTRIBUSI QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Siswa SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun 2005 )
|
title_full | KONTRIBUSI QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Siswa SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun 2005 )
|
title_fullStr | KONTRIBUSI QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Siswa SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun 2005 )
|
title_full_unstemmed | KONTRIBUSI QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Siswa SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun 2005 )
|
title_short | KONTRIBUSI QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Siswa SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun 2005 )
|
title_sort | kontribusi quantum learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa studi kasus siswa smp alternatif qoryah thoyyibah dalam mata pelajaran pendidikan agama islam tahun 2005 |
topic | BP Bahaism. Theosophy, etc |
url | https://eprints.ums.ac.id/7044/ |
work_keys_str_mv | AT alwaidmahsun kontribusiquantumlearningdanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarsiswastudikasussiswasmpalternatifqoryahthoyyibahdalammatapelajaranpendidikanagamaislamtahun2005 |