KONTRIBUSI QUANTUM LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Siswa SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun 2005 )

Mahsun Alwa’id, Kontribusi Quantum Learning dan Motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa ( Studi terhadap SLTP Qoryah Thoyyibah Kalibening, salatiga ) Program Pascasarjana UMS , Jenjang : Megister , Program studi Pendidikan Islam,. Konsentrasi : Managemen dan Kebijakan Pendidikan Islam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Alwa’id , Mahsun
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2005
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7044/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Mahsun Alwa’id, Kontribusi Quantum Learning dan Motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa ( Studi terhadap SLTP Qoryah Thoyyibah Kalibening, salatiga ) Program Pascasarjana UMS , Jenjang : Megister , Program studi Pendidikan Islam,. Konsentrasi : Managemen dan Kebijakan Pendidikan Islam. Tesis. Oktober 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menemukan : (1). Bukti-bukti seberapa besar kontribusi Qunatum Learning dengan motivasi belajar siswa, (2) Bukti seberapa besar kontribusi motivasi belajar dengan presatasi belajar siswa . (3) Bukti seberapa besar konstribusi quantum Learning terhadap prestasi belajar Populasi penelitian adalah siswa kelas !, II dan III SLTP Qoryah Thoyyibah tahun pelajaran 2005-2006. dari populasi 58 siswa, diambil 40 siswa sebagai sample penelitiasn dengan menggunakan tehnik “proporsiaonal stratified random sampling “. s sSedang tehnik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, dokumentasi, observasi, dan penyebaran angket ( unrtuk variabel Quantum Learning dan motivasi belajar ). Instrumen penelitian untuk variabel Quantm Learning dan motivasi belajar berbentuk kuesioner, pengujian kesahihan kuesioner dengan menggunkan rumus korelalsi product moment dari Pearson, dan selanjutnya dikoreksi dengan rumus Formula Guil Ford. Untuk uji reliabilitas instrument digunakan rumus alfa. Sedag prestasi belajar siswa diambil dari nilai hasil tes Mid semester ganjil . Data penelitian dianalisis dengan statistik korelasi dan regresi yang selanjutnya diui dengan Uji F dengan menggunakan analisia prgogram SPP 11.0 Ford Windaus. Hasil penelitian di dapatkan (1) ada kontribusi yang signifikan antara quantum learning dengan motifasi belajar siswa 0.566 (2) Ada kontribusi yang siniofikan antara motifasi dengan prestasi belajar siswa 0.561 (3) Ada konstribusi yang sinifikan antara quantum Learning dengan prestasi belajar siswa 0.647. Berdasarkannlai penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagin besar prestasi belajar siswa di SLTP Qoryah Thoyyibah Kalibening Salatiga dapat ditingkatkan atau diprediksi melalui model sistim bekajar dengan mengunakan quantum Learning. Dan motifasi belajar yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa .