PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA (Studi Kasus Pada PT. Telkom Datel Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar pengaruh perilaku konsumen terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar interaksi perilaku konsumen dan gaya hidup sebagai variabel modera...

Täydet tiedot

Tallennettuna:
Bibliografiset tiedot
Päätekijä: S A R T O N O , S A R T O N O
Aineistotyyppi: Opinnäyte
Kieli:English
English
Julkaistu: 2006
Aiheet:
Linkit:https://eprints.ums.ac.id/7029/
Tagit: Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
_version_ 1804116505637421056
author S A R T O N O , S A R T O N O
author_facet S A R T O N O , S A R T O N O
author_sort S A R T O N O , S A R T O N O
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar pengaruh perilaku konsumen terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar interaksi perilaku konsumen dan gaya hidup sebagai variabel moderasi terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Desain penelitian yang akan dilakukan adalah deskriptif dengan menggunakan metode survei, dimana informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan telepon kabel pada PT. Telkom Datel Surakarta. Mengingat jumlah pelanggan sangat banyak maka diputuskan pengambilan sampel dilakukan berdasarkan kemudahan (Convenience Sampling). Adapun model analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dengan variabel pemoderasi berdasar bentuk nilai absolut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan dari variabel perilaku konsumen terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Hal ini mengindikasikan bahwa bila variabel perilaku konsumen meningkat maka akan berpengaruh terhadap kenaikan penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Hasil penelitian lainnya mengindikasikan adanya interaksi perilaku konsumen dan gaya hidup sebagai variabel pemoderasi secara signifikan terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Hal ini mengindikasikan bila interaksi variabel perilaku konsumen dan gaya hidup meningkat maka akan berpengaruh terhadap kenaikan penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Disarankan, penting bagi pengambil keputusan yang ada di PT. Telkom Datel Surakarta untuk memperhatikan faktor perilaku konsumen yang meliputi jumlah anggota keluarga, penghasilan per bulan, sikap dan kepribadian, pengalaman, serta budaya pelanggan. Hal ini karena makin kuatnya daya tawar konsumen dalam persaingan saat ini khususnya teknologi dan bisnis telekomunikasi yang cenderung pro-pasar. Aspek penting yang perlu diperhatikan dalam penelitian akan datang adalah mempertimbangkan untuk memasukkan faktor sikap, kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam penelitian.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7029
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7029 https://eprints.ums.ac.id/7029/ PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA (Studi Kasus Pada PT. Telkom Datel Surakarta) S A R T O N O , S A R T O N O HD28 Management Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar pengaruh perilaku konsumen terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar interaksi perilaku konsumen dan gaya hidup sebagai variabel moderasi terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Desain penelitian yang akan dilakukan adalah deskriptif dengan menggunakan metode survei, dimana informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan telepon kabel pada PT. Telkom Datel Surakarta. Mengingat jumlah pelanggan sangat banyak maka diputuskan pengambilan sampel dilakukan berdasarkan kemudahan (Convenience Sampling). Adapun model analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dengan variabel pemoderasi berdasar bentuk nilai absolut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan dari variabel perilaku konsumen terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Hal ini mengindikasikan bahwa bila variabel perilaku konsumen meningkat maka akan berpengaruh terhadap kenaikan penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Hasil penelitian lainnya mengindikasikan adanya interaksi perilaku konsumen dan gaya hidup sebagai variabel pemoderasi secara signifikan terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Hal ini mengindikasikan bila interaksi variabel perilaku konsumen dan gaya hidup meningkat maka akan berpengaruh terhadap kenaikan penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Disarankan, penting bagi pengambil keputusan yang ada di PT. Telkom Datel Surakarta untuk memperhatikan faktor perilaku konsumen yang meliputi jumlah anggota keluarga, penghasilan per bulan, sikap dan kepribadian, pengalaman, serta budaya pelanggan. Hal ini karena makin kuatnya daya tawar konsumen dalam persaingan saat ini khususnya teknologi dan bisnis telekomunikasi yang cenderung pro-pasar. Aspek penting yang perlu diperhatikan dalam penelitian akan datang adalah mempertimbangkan untuk memasukkan faktor sikap, kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam penelitian. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7029/1/P100040045.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7029/2/P100040045.pdf S A R T O N O , S A R T O N O (2006) PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA (Studi Kasus Pada PT. Telkom Datel Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . P100040045
spellingShingle HD28 Management
S A R T O N O , S A R T O N O
PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA (Studi Kasus Pada PT. Telkom Datel Surakarta)
title PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA (Studi Kasus Pada PT. Telkom Datel Surakarta)
title_full PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA (Studi Kasus Pada PT. Telkom Datel Surakarta)
title_fullStr PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA (Studi Kasus Pada PT. Telkom Datel Surakarta)
title_full_unstemmed PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA (Studi Kasus Pada PT. Telkom Datel Surakarta)
title_short PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA (Studi Kasus Pada PT. Telkom Datel Surakarta)
title_sort persepsi perilaku konsumen terhadap penggunaan pulsa studi kasus pada pt telkom datel surakarta
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/7029/
work_keys_str_mv AT sartonosartono persepsiperilakukonsumenterhadappenggunaanpulsastudikasuspadapttelkomdatelsurakarta