PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA (Studi Kasus Pada PT. Telkom Datel Surakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar pengaruh perilaku konsumen terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar interaksi perilaku konsumen dan gaya hidup sebagai variabel modera...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/7029/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar pengaruh
perilaku konsumen terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta.
Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar
interaksi perilaku konsumen dan gaya hidup sebagai variabel moderasi terhadap
penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta.
Desain penelitian yang akan dilakukan adalah deskriptif dengan
menggunakan metode survei, dimana informasi dikumpulkan dari responden
dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para
pelanggan telepon kabel pada PT. Telkom Datel Surakarta. Mengingat jumlah
pelanggan sangat banyak maka diputuskan pengambilan sampel dilakukan
berdasarkan kemudahan (Convenience Sampling). Adapun model analisa data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dengan variabel pemoderasi
berdasar bentuk nilai absolut.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang
tidak signifikan dari variabel perilaku konsumen terhadap penggunaan pulsa pada
PT. Telkom Datel Surakarta. Hal ini mengindikasikan bahwa bila variabel
perilaku konsumen meningkat maka akan berpengaruh terhadap kenaikan
penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Hasil penelitian lainnya
mengindikasikan adanya interaksi perilaku konsumen dan gaya hidup sebagai
variabel pemoderasi secara signifikan terhadap penggunaan pulsa pada PT.
Telkom Datel Surakarta. Hal ini mengindikasikan bila interaksi variabel perilaku
konsumen dan gaya hidup meningkat maka akan berpengaruh terhadap kenaikan
penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta.
Disarankan, penting bagi pengambil keputusan yang ada di PT. Telkom
Datel Surakarta untuk memperhatikan faktor perilaku konsumen yang meliputi
jumlah anggota keluarga, penghasilan per bulan, sikap dan kepribadian,
pengalaman, serta budaya pelanggan. Hal ini karena makin kuatnya daya tawar
konsumen dalam persaingan saat ini khususnya teknologi dan bisnis
telekomunikasi yang cenderung pro-pasar. Aspek penting yang perlu diperhatikan
dalam penelitian akan datang adalah mempertimbangkan untuk memasukkan
faktor sikap, kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam penelitian.
|
---|