ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi Pada SMP Di Kabupaten Klaten)

Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan diwujudkan dalam penataan, pengelolaan dan peningkatan kemampuan masing-masing komponen pendidikan sekolah dasar, seperti sistem kelembagaan, pengembangan kurikulum yang ada dan peningkatan kualitas tenaga kependidikan serta pemberian input...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUGIYANTO, KATIDJAN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/6954/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994600413167616
author SUGIYANTO, KATIDJAN
author_facet SUGIYANTO, KATIDJAN
author_sort SUGIYANTO, KATIDJAN
collection ePrints
description Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan diwujudkan dalam penataan, pengelolaan dan peningkatan kemampuan masing-masing komponen pendidikan sekolah dasar, seperti sistem kelembagaan, pengembangan kurikulum yang ada dan peningkatan kualitas tenaga kependidikan serta pemberian input lainnya seperti pengadaan buku sekolah, alat peraga dan fasilitas lainnya bagi pengelolaan pengajaran di sekolah. Personil tenaga kependidikan seperti kepala sekolah dan guru merupakan faktor determinan terhadap keberhasilan dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan. Guru merupakan ujung tombak dalam menerjemahkan misi sekolah yakni melaksanakan pembelajaran sebagai kegiatan utama dalam pendidikan di sekolah. Peningkatan prestasi siswa selain diukur dari usaha guru dalam mendidik dan kemampuan manajerial kepala sekolah juga dipengaruhi oleh kemampuan awal siswa tersebut ketika masuk sekolah. Tujuan diadakannya penelitian ini, adalah 1) untuk menganalisis apakah Nilai UAN Masuk, status sekolah dan pendidikan guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap UAN Ke luar di SMP se Kabupaten Klaten; 2) Menganalisis variabel manakah yang memiliki pengaruh lebih dominan terhadap UAN Ke luar di SMP se Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP se Kabupaten Klaten sebanyak 112 sekolah. Sampel penelitian ini diambil dari SMP se Kabupaten Klaten sebanyak 50 sekolah. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis hasil penelitian mengenai beberap faktor yang mempengaruhi UAN Ke luar di SMP se Kabupaten Klaten dapat ditarik kesimpulan berdasarkan hasil uji t yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa variabel UAN Masuk (0,000) dan Pendidikan Guru (0,033) berpengaruh signifikan terhadap variabel UAN Ke luar. Sedangkan untuk variabel status sekolah (0,724) tidak signifikan pengaruhnya. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah swasta dengan sekolah negeri tidak ada perbedaannya dilihat dari kualitas guru maupun sarana dan prasarana. Hasil koefisien Beta dari masing-masing variabel independen maka akan nampak bahwa variabel UAN Masuk mempunyai nilai koefisien Beta yang paling besar diantara variabel bebas yang lain yaitu sebesar (0,514). Hal ini menunjukkan bahwa talenta anak merupakan faktor utama dalam menentukan keberhasilan belajar, namun bukan berarti manajemen sekolah dan pendidikan guru tidak begitu relevan, yang paling penting adalah talenta anak. Strive to increase quality of education is as a whole realized in settlement, ability improvement and management of each elementary school education component, like institute system, existing curriculum development and the energy education quality improvement and also the other input gift like school book levying, other facility and physic appliance for instruction management at school. Energy education personnel of like teacher and headmaster represent determinant factor to efficacy in carrying out education activity. Teacher represent tip of lance in translating school mission namely execute study as especial activity in education at school. Make-Up of student achievement of besides measured from effort teacher in educating and ability managerial headmaster is also influenced by ability of early the student when entering school. Target performing of this research, is 1) to analyzing whether Value of Incoming Nation Final Exams have influence which significant to Nation Final Exams Out SMP of Regency Klaten, 2) to analyzing whether status of school have influence which significant to Nation Final Exams Out SMP of Regency Klaten, and 3) to analyzing whether education of teacher have influence which significant to Nation Final Exams Out SMP of Regency Klaten. Population in this research is SMP of Regency of Klaten as much 112 schools. Sample of this Research is taken away from by SMP of Regency of Klaten as much 50 school. Analyzer used is analysis of multiple regressions. Pursuant to analysis of result of research hit same of factor influencing Nation Final Exams Out in SMP of Regency of Klaten can pulled conclusion of pursuant to result t test of performed within this research obtained by result that variable of Incoming Natin Final Exams (0,000) and the Teacher Education (0,033) having an effect on significant to variable of Nation Final Exams Out. While for variable of school status (0,724) do not significant of its influence. This matter indicate that private school with public school of there no its difference is seen from quality learn and also medium and facility. Result of coefficient of Beta from each independent variable hence will look that variable of Incoming Nation Final Exams have value coefficient of biggest Beta among other free variable that is equal to (0,514). This matter indicate that talent of child represent primary factor in determining efficacy learn, but non meaning management of school and education of teacher do not be relevant so, most importantly is child talent.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:6954
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:6954 https://eprints.ums.ac.id/6954/ ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi Pada SMP Di Kabupaten Klaten) SUGIYANTO, KATIDJAN HB Economic Theory Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan diwujudkan dalam penataan, pengelolaan dan peningkatan kemampuan masing-masing komponen pendidikan sekolah dasar, seperti sistem kelembagaan, pengembangan kurikulum yang ada dan peningkatan kualitas tenaga kependidikan serta pemberian input lainnya seperti pengadaan buku sekolah, alat peraga dan fasilitas lainnya bagi pengelolaan pengajaran di sekolah. Personil tenaga kependidikan seperti kepala sekolah dan guru merupakan faktor determinan terhadap keberhasilan dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan. Guru merupakan ujung tombak dalam menerjemahkan misi sekolah yakni melaksanakan pembelajaran sebagai kegiatan utama dalam pendidikan di sekolah. Peningkatan prestasi siswa selain diukur dari usaha guru dalam mendidik dan kemampuan manajerial kepala sekolah juga dipengaruhi oleh kemampuan awal siswa tersebut ketika masuk sekolah. Tujuan diadakannya penelitian ini, adalah 1) untuk menganalisis apakah Nilai UAN Masuk, status sekolah dan pendidikan guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap UAN Ke luar di SMP se Kabupaten Klaten; 2) Menganalisis variabel manakah yang memiliki pengaruh lebih dominan terhadap UAN Ke luar di SMP se Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP se Kabupaten Klaten sebanyak 112 sekolah. Sampel penelitian ini diambil dari SMP se Kabupaten Klaten sebanyak 50 sekolah. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis hasil penelitian mengenai beberap faktor yang mempengaruhi UAN Ke luar di SMP se Kabupaten Klaten dapat ditarik kesimpulan berdasarkan hasil uji t yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa variabel UAN Masuk (0,000) dan Pendidikan Guru (0,033) berpengaruh signifikan terhadap variabel UAN Ke luar. Sedangkan untuk variabel status sekolah (0,724) tidak signifikan pengaruhnya. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah swasta dengan sekolah negeri tidak ada perbedaannya dilihat dari kualitas guru maupun sarana dan prasarana. Hasil koefisien Beta dari masing-masing variabel independen maka akan nampak bahwa variabel UAN Masuk mempunyai nilai koefisien Beta yang paling besar diantara variabel bebas yang lain yaitu sebesar (0,514). Hal ini menunjukkan bahwa talenta anak merupakan faktor utama dalam menentukan keberhasilan belajar, namun bukan berarti manajemen sekolah dan pendidikan guru tidak begitu relevan, yang paling penting adalah talenta anak. Strive to increase quality of education is as a whole realized in settlement, ability improvement and management of each elementary school education component, like institute system, existing curriculum development and the energy education quality improvement and also the other input gift like school book levying, other facility and physic appliance for instruction management at school. Energy education personnel of like teacher and headmaster represent determinant factor to efficacy in carrying out education activity. Teacher represent tip of lance in translating school mission namely execute study as especial activity in education at school. Make-Up of student achievement of besides measured from effort teacher in educating and ability managerial headmaster is also influenced by ability of early the student when entering school. Target performing of this research, is 1) to analyzing whether Value of Incoming Nation Final Exams have influence which significant to Nation Final Exams Out SMP of Regency Klaten, 2) to analyzing whether status of school have influence which significant to Nation Final Exams Out SMP of Regency Klaten, and 3) to analyzing whether education of teacher have influence which significant to Nation Final Exams Out SMP of Regency Klaten. Population in this research is SMP of Regency of Klaten as much 112 schools. Sample of this Research is taken away from by SMP of Regency of Klaten as much 50 school. Analyzer used is analysis of multiple regressions. Pursuant to analysis of result of research hit same of factor influencing Nation Final Exams Out in SMP of Regency of Klaten can pulled conclusion of pursuant to result t test of performed within this research obtained by result that variable of Incoming Natin Final Exams (0,000) and the Teacher Education (0,033) having an effect on significant to variable of Nation Final Exams Out. While for variable of school status (0,724) do not significant of its influence. This matter indicate that private school with public school of there no its difference is seen from quality learn and also medium and facility. Result of coefficient of Beta from each independent variable hence will look that variable of Incoming Nation Final Exams have value coefficient of biggest Beta among other free variable that is equal to (0,514). This matter indicate that talent of child represent primary factor in determining efficacy learn, but non meaning management of school and education of teacher do not be relevant so, most importantly is child talent. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6954/1/P100040094.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6954/2/P100040094.pdf SUGIYANTO, KATIDJAN (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi Pada SMP Di Kabupaten Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. P100040094
spellingShingle HB Economic Theory
SUGIYANTO, KATIDJAN
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi Pada SMP Di Kabupaten Klaten)
title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi Pada SMP Di Kabupaten Klaten)
title_full ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi Pada SMP Di Kabupaten Klaten)
title_fullStr ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi Pada SMP Di Kabupaten Klaten)
title_full_unstemmed ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi Pada SMP Di Kabupaten Klaten)
title_short ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi Pada SMP Di Kabupaten Klaten)
title_sort analisis faktor faktor yang mempengaruhi kinerja sekolah dalam pencapaian ujian akhir nasional studi pada smp di kabupaten klaten
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/6954/
work_keys_str_mv AT sugiyantokatidjan analisisfaktorfaktoryangmempengaruhikinerjasekolahdalampencapaianujianakhirnasionalstudipadasmpdikabupatenklaten