ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA

Masalah kualitas merupakan salah satu bagian penting dan sangat perlu mendapatkan perhatian yang serius bagi pimpinan perusahaan dalam menjalankan strategi operasinya. Dalam era global competition akan terjadi kecenderungan proses pengembangan produk/jasa yang lebih baik, canggih, berkualitas...

Ful tanımlama

Kaydedildi:
Detaylı Bibliyografya
Yazar: KADARWATI , SRI
Materyal Türü: Tez
Dil:English
English
Baskı/Yayın Bilgisi: 2006
Konular:
Online Erişim:https://eprints.ums.ac.id/6950/
Etiketler: Etiketle
Etiket eklenmemiş, İlk siz ekleyin!
_version_ 1804116494654636032
author KADARWATI , SRI
author_facet KADARWATI , SRI
author_sort KADARWATI , SRI
collection ePrints
description Masalah kualitas merupakan salah satu bagian penting dan sangat perlu mendapatkan perhatian yang serius bagi pimpinan perusahaan dalam menjalankan strategi operasinya. Dalam era global competition akan terjadi kecenderungan proses pengembangan produk/jasa yang lebih baik, canggih, berkualitas dan lebih murah jika dibandingkan dengan produk sebelumnya hal ini disebabkan oleh perubahan yang begitu cepat dalam bidang teknologi. Operasi perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa dalam era globalisasi dituntut menjadi unggul dalam daya saing maupun unggul dalam kualitas produk, bahkan harus menempatkan customer satisfaction pada barisan depan dari visi dan misi perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah variabel-variabel reliability, responsiveness, assurance, tangible, dan empathy secara partial ataupun bersama-sama mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan Sekolah Dasar di kota Surakarta”. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah anak-anak yang bersekolah di Sekolah Dasar-Sekolah Dasar pada wilayah Surakarta, penulis mengambil sampel 120 orang responden. Dalam penelitian ini model di analisis dengan alat analisis regresi linier dengan metode OLS dengan kombinasi dummy variabel. Dengan melihat hasil analisis regresi linier berganda dari kelima dimensi kualitas pelayanan yaitu dimensi reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles, yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa pendidikan dasar di Surakarta adalah kualitas pelayanan pada dimensi Assurance yaitu keramahan dan kemampuan yang dimiliki seluruh lini manajemen dalam melaksanakan tugasnya. Dari hasil regresi yang dihasilkan dari regresi variabel dummy diketahui bahwa kualitas pelayanan sekolah dasar terhadap pelanggan sekolah dasar lebih tinggi sekolah dasar berstatus negeri dibandingkan dengan kualitas pelayanan sekolah berstatus swasta. Hal ini dapat dibandingkan bahwa besaran kualitas pelayanan sekolah dasar negeri yang didapat dari hasil regresi tersebut menunjukkan besaran angka sebesar 15,112 satuan dan besaran kualitas pelayanan sekolah dasar swasta dari hasil regresi didapatkan besaran sebesar 14,1 satuan. Untuk itu perlu diambil langkah- langkah nyata terutama untuk sekolah dasar swasta agar mencontoh sekolah-sekolah negeri yang dianggap mempunyai skor terbaik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:6950
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:6950 https://eprints.ums.ac.id/6950/ ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA KADARWATI , SRI HD28 Management Masalah kualitas merupakan salah satu bagian penting dan sangat perlu mendapatkan perhatian yang serius bagi pimpinan perusahaan dalam menjalankan strategi operasinya. Dalam era global competition akan terjadi kecenderungan proses pengembangan produk/jasa yang lebih baik, canggih, berkualitas dan lebih murah jika dibandingkan dengan produk sebelumnya hal ini disebabkan oleh perubahan yang begitu cepat dalam bidang teknologi. Operasi perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa dalam era globalisasi dituntut menjadi unggul dalam daya saing maupun unggul dalam kualitas produk, bahkan harus menempatkan customer satisfaction pada barisan depan dari visi dan misi perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah variabel-variabel reliability, responsiveness, assurance, tangible, dan empathy secara partial ataupun bersama-sama mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan Sekolah Dasar di kota Surakarta”. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah anak-anak yang bersekolah di Sekolah Dasar-Sekolah Dasar pada wilayah Surakarta, penulis mengambil sampel 120 orang responden. Dalam penelitian ini model di analisis dengan alat analisis regresi linier dengan metode OLS dengan kombinasi dummy variabel. Dengan melihat hasil analisis regresi linier berganda dari kelima dimensi kualitas pelayanan yaitu dimensi reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles, yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa pendidikan dasar di Surakarta adalah kualitas pelayanan pada dimensi Assurance yaitu keramahan dan kemampuan yang dimiliki seluruh lini manajemen dalam melaksanakan tugasnya. Dari hasil regresi yang dihasilkan dari regresi variabel dummy diketahui bahwa kualitas pelayanan sekolah dasar terhadap pelanggan sekolah dasar lebih tinggi sekolah dasar berstatus negeri dibandingkan dengan kualitas pelayanan sekolah berstatus swasta. Hal ini dapat dibandingkan bahwa besaran kualitas pelayanan sekolah dasar negeri yang didapat dari hasil regresi tersebut menunjukkan besaran angka sebesar 15,112 satuan dan besaran kualitas pelayanan sekolah dasar swasta dari hasil regresi didapatkan besaran sebesar 14,1 satuan. Untuk itu perlu diambil langkah- langkah nyata terutama untuk sekolah dasar swasta agar mencontoh sekolah-sekolah negeri yang dianggap mempunyai skor terbaik. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6950/1/P100040018.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6950/2/P100040018.pdf KADARWATI , SRI (2006) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . P100040018
spellingShingle HD28 Management
KADARWATI , SRI
ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA
title ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA
title_full ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA
title_fullStr ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA
title_full_unstemmed ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA
title_short ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA
title_sort analisis kepuasan konsumen terhadap pelayanan pendidikan sekolah dasar di kota surakarta
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/6950/
work_keys_str_mv AT kadarwatisri analisiskepuasankonsumenterhadappelayananpendidikansekolahdasardikotasurakarta