MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) ASSALAM JETIS AMBARAWA

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi empirik mengenai manajemen penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) Taman Kanak- Kanak Islam Terpadu (TKIT). Selain itu, tujuan lainnya adalah mendeskripsikan komponen-komponen yang mempengaruhi manajemen penyelenggaraan PAUD di...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: MUKHAROMAH , ALFI ROKHANA
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2006
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/6852/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi empirik mengenai manajemen penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) Taman Kanak- Kanak Islam Terpadu (TKIT). Selain itu, tujuan lainnya adalah mendeskripsikan komponen-komponen yang mempengaruhi manajemen penyelenggaraan PAUD di TKIT Assalam Jetis Ambarawa. Penelitian ini bersifat kualitatif dan dilakukan terhadap penerapan manajemen PAUD TKIT Assalam di Jetis Kecamatan Ambarawa. Subyek penelitian adalah pengelola sekolah (pengurus yayasan, kepala sekolah, para guru, staf administrasi) dan orang tua/wali murid TKIT Assalam Jetis Ambarawa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk analisanya menggunakan model analisis interaktif yang mengikuti langkah Miles dan Huberman (1992), yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah; menyangkut manajemen PAUD TKIT Assalam Jetis Ambarawa ditemukan bahwa TKIT Assalam Jetis Ambarawa telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen. Dalam penyelenggaraan PAUD di TKIT Assalam ditemukan 6 (enam) komponen yang mempengaruhinya, yaitu: kesiswaan, personalia, kurikulum, sarana dan prasarana, keuangan, serta hubungan kemasyarakatan.