MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) ASSALAM JETIS AMBARAWA
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi empirik mengenai manajemen penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) Taman Kanak- Kanak Islam Terpadu (TKIT). Selain itu, tujuan lainnya adalah mendeskripsikan komponen-komponen yang mempengaruhi manajemen penyelenggaraan PAUD di...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/6852/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi empirik mengenai
manajemen penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) Taman Kanak-
Kanak Islam Terpadu (TKIT). Selain itu, tujuan lainnya adalah mendeskripsikan
komponen-komponen yang mempengaruhi manajemen penyelenggaraan PAUD di
TKIT Assalam Jetis Ambarawa.
Penelitian ini bersifat kualitatif dan dilakukan terhadap penerapan manajemen
PAUD TKIT Assalam di Jetis Kecamatan Ambarawa. Subyek penelitian adalah
pengelola sekolah (pengurus yayasan, kepala sekolah, para guru, staf administrasi)
dan orang tua/wali murid TKIT Assalam Jetis Ambarawa. Metode pengumpulan data
dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk
analisanya menggunakan model analisis interaktif yang mengikuti langkah Miles dan
Huberman (1992), yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah; menyangkut manajemen PAUD TKIT Assalam
Jetis Ambarawa ditemukan bahwa TKIT Assalam Jetis Ambarawa telah menerapkan
fungsi-fungsi manajemen. Dalam penyelenggaraan PAUD di TKIT Assalam
ditemukan 6 (enam) komponen yang mempengaruhinya, yaitu: kesiswaan,
personalia, kurikulum, sarana dan prasarana, keuangan, serta hubungan
kemasyarakatan. |
---|