PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN REMIDIAL DENGAN TUGAS BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur terhadap prestasi belajar PKn. (2). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn. (3). Interaksi pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/6848/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804116492667584512 |
---|---|
author | HARTATIK , SRI |
author_facet | HARTATIK , SRI |
author_sort | HARTATIK , SRI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Pengaruh penerapan
pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur terhadap prestasi belajar PKn.
(2). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn. (3). Interaksi
pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur dan motivasi
belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn.
Pengujian hipotesis menggunakan Anava dua jalur dengan frekuensi sel
tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu:
uji kesamaan, uji normalitas dan uji homogenitas. Uji kesamaan dengan uji t
diperoleh hasil (thitung = 0,145) sehingga -ttabel < thitung < ttabel, maka kedua
kelompok tersebut seimbang. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorove
Smirnove dan diperoleh (Lhitung = 0,124 < Ltabel = 0,141873544; Lhitung = 0,128 <
Ltabel = 0,143728179; Lhitung = 0,147 < Ltabel = 0,180853993; Lhitung = 0,087 < Ltabel
= 0,145657503 dan Lhitung = 0,115 < Ltabel = 0,2215), sehingga data pada semua
kelompok berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas
menggunakan Uji Bartlett dan diperoleh F hitung = 0,443< F tabel = 12,8325,
sehingga populasi memiliki variansi yang homogen.
Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur terhadap prestasi
belajar PKn (Fa = 10,848 > F0,05 ; 1; 71
= 4,00); (2) Terdapat pengaruh motivasi
belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn (Fb = 23,746 > F0,05 ; 2; 71 = 3,23);
(3) Terdapat interaksi pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas
berstruktur dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika (Fab =
3,154 < F0,05 ; 2 ; 71 = 3,23). Berdasarkan uji komparasi ganda dapat disimpulkan:
(1) Rerata prestasi belajar PKn kelompok siswa yang diajar dengan remidial tugas
berstruktur cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang
diajar dengan metode konvensional; (2). Rerata prestasi belajar PKN kelompok
siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi cenderung lebih tinggi dibandingkan
siswa yang memiliki motivasi belajar lebih rendah.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:6848 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2006 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:6848 https://eprints.ums.ac.id/6848/ PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN REMIDIAL DENGAN TUGAS BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA) HARTATIK , SRI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur terhadap prestasi belajar PKn. (2). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn. (3). Interaksi pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn. Pengujian hipotesis menggunakan Anava dua jalur dengan frekuensi sel tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu: uji kesamaan, uji normalitas dan uji homogenitas. Uji kesamaan dengan uji t diperoleh hasil (thitung = 0,145) sehingga -ttabel < thitung < ttabel, maka kedua kelompok tersebut seimbang. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorove Smirnove dan diperoleh (Lhitung = 0,124 < Ltabel = 0,141873544; Lhitung = 0,128 < Ltabel = 0,143728179; Lhitung = 0,147 < Ltabel = 0,180853993; Lhitung = 0,087 < Ltabel = 0,145657503 dan Lhitung = 0,115 < Ltabel = 0,2215), sehingga data pada semua kelompok berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan Uji Bartlett dan diperoleh F hitung = 0,443< F tabel = 12,8325, sehingga populasi memiliki variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur terhadap prestasi belajar PKn (Fa = 10,848 > F0,05 ; 1; 71 = 4,00); (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn (Fb = 23,746 > F0,05 ; 2; 71 = 3,23); (3) Terdapat interaksi pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika (Fab = 3,154 < F0,05 ; 2 ; 71 = 3,23). Berdasarkan uji komparasi ganda dapat disimpulkan: (1) Rerata prestasi belajar PKn kelompok siswa yang diajar dengan remidial tugas berstruktur cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode konvensional; (2). Rerata prestasi belajar PKN kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi cenderung lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar lebih rendah. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6848/1/Q100040090.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6848/2/Q100040090.pdf HARTATIK , SRI (2006) PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN REMIDIAL DENGAN TUGAS BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100040090 |
spellingShingle | L Education (General) HARTATIK , SRI PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN REMIDIAL DENGAN TUGAS BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA) |
title | PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN REMIDIAL DENGAN TUGAS BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI
MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA) |
title_full | PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN REMIDIAL DENGAN TUGAS BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI
MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA) |
title_fullStr | PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN REMIDIAL DENGAN TUGAS BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI
MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA) |
title_full_unstemmed | PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN REMIDIAL DENGAN TUGAS BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI
MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA) |
title_short | PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN REMIDIAL DENGAN TUGAS BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI
MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA) |
title_sort | pengaruh manajemen pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur terhadap hasil belajar pkn ditinjau dari motivasi belajar siswa studi eksperimen di sma negeri 2 surakarta |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/6848/ |
work_keys_str_mv | AT hartatiksri pengaruhmanajemenpembelajaranremidialdengantugasberstrukturterhadaphasilbelajarpknditinjaudarimotivasibelajarsiswastudieksperimendismanegeri2surakarta |