PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN REMIDIAL DENGAN TUGAS BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur terhadap prestasi belajar PKn. (2). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn. (3). Interaksi pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: HARTATIK , SRI
פורמט: Thesis
שפה:English
English
יצא לאור: 2006
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/6848/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
תיאור
סיכום:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur terhadap prestasi belajar PKn. (2). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn. (3). Interaksi pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn. Pengujian hipotesis menggunakan Anava dua jalur dengan frekuensi sel tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu: uji kesamaan, uji normalitas dan uji homogenitas. Uji kesamaan dengan uji t diperoleh hasil (thitung = 0,145) sehingga -ttabel < thitung < ttabel, maka kedua kelompok tersebut seimbang. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorove Smirnove dan diperoleh (Lhitung = 0,124 < Ltabel = 0,141873544; Lhitung = 0,128 < Ltabel = 0,143728179; Lhitung = 0,147 < Ltabel = 0,180853993; Lhitung = 0,087 < Ltabel = 0,145657503 dan Lhitung = 0,115 < Ltabel = 0,2215), sehingga data pada semua kelompok berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan Uji Bartlett dan diperoleh F hitung = 0,443< F tabel = 12,8325, sehingga populasi memiliki variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur terhadap prestasi belajar PKn (Fa = 10,848 > F0,05 ; 1; 71 = 4,00); (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn (Fb = 23,746 > F0,05 ; 2; 71 = 3,23); (3) Terdapat interaksi pengaruh penerapan pembelajaran remidial dengan tugas berstruktur dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika (Fab = 3,154 < F0,05 ; 2 ; 71 = 3,23). Berdasarkan uji komparasi ganda dapat disimpulkan: (1) Rerata prestasi belajar PKn kelompok siswa yang diajar dengan remidial tugas berstruktur cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode konvensional; (2). Rerata prestasi belajar PKN kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi cenderung lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar lebih rendah.