KONTRIBUSI KOMPETENSI MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 13 PURWOREJO
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) kontribusi komptensi, motivasi dan kedisiplinan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 13 Purworejo, Populasi penelitian ini adalahj seluruh guru SMP Negeri 13 Purworejo. Sampel dalam penelitian ini menggunakan penelitian sensus karena semua populas...
Guardado en:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tesis |
Lenguaje: | English English |
Publicado: |
2006
|
Materias: | |
Acceso en línea: | https://eprints.ums.ac.id/6836/ |
Etiquetas: |
Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
|
Sumario: | Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) kontribusi komptensi, motivasi
dan kedisiplinan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 13 Purworejo, Populasi
penelitian ini adalahj seluruh guru SMP Negeri 13 Purworejo. Sampel dalam
penelitian ini menggunakan penelitian sensus karena semua populasi diambil sebagai
sample. Penyusunan instrument dibuat dalam bentuk kuesioner yang mengacu pada
model skala Likert. Isi instrument disusun berlandaskan teori maupun informasi yang
relevan dengan masalah penelitian. Instrument penelitian terdiri dari empat macam
yang berfungsi untuk mengungkap variabel kompetensi, motivasi, kedisiplinan, dan
kinerja guru. Masing-masing instrument tersebut diujicobakan dan memenuhi syarat
keandalan Cronbach Alpha, dengan koefisien realibilitas berturut-turut sebesar 0,708;
0,839; 0,839; dan 0,835. Butir instrument yang dipakai untuk mengumpulkan data
ialah yang memenuhi syarat analisis konstruk dan berstatus sahih. Teknik analisis
yang digunakan untuk menganalisis data penelitian adalah analisis deskriptif, korelasi
parsial, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan, pertama, kompetensi,
motivasi, kedisplinan, secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru (R=
0.834 dan R2
= 0.695) dengan kontribusi sebesar 69.5 %, kedua, kompetensi
berkontribusi secara siginifikans terhadap kinerja guru (R= 0.662 dan R2
= 0.438)
dengan kontribusi sebesar 43,8 %, ketiga, , motivasi berkontribusi secara siginifikans
terhadap kinerja guru ( R= 0.722 dan R2
=0.52.1) dengan kontribusi sebesar 52,1 %,
keempat, , kedisiplinan berkontribusi secara siginifikans terhadap kinerja guru
(R=0.619 R2
= 0.383 ) dengan kontribusi sebesar 38,3 %, Tingkatan besarnya peran
ketiga variabel bebas mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil terhadap kinerja
guru, yaitu: pertama kompetensi, (X1); kedua, motivasi (X2); dan ketiga, kedisiplinan
(X3) dengan persamaan sebagai berikut: Y= 0,541 + 0,518X1 + 0,325X2 + 0,275X3.
dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel tersebut, variabel
kompetensi merupakan variabel yang perlu mendapatkan perhatian secara lebih
khusus guna mempertahankan atau meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 13
Purworejo
|
---|