PENGARUH KOMITE, PENGAWAS DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 7 PURWOREJO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh komite sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo, (2) Pengaruh Pengawas terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo, (3) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo, (4) Pengaruh k...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/6832/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh komite sekolah
terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo, (2) Pengaruh Pengawas terhadap
kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo, (3) Pengaruh kepemimpinan kepala
sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo, (4) Pengaruh komite,
pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja
guru di SMA Negeri 7 Purworejo.
Populasi penelitian ini adalah semua guru SMA Negeri 7 Purworejo yang
berjumlah 64 orang. Data dikumpulkan dengan metode angket dan sumber datanya
adalah guru di SMA Negeri 7 Purworejo. Data yang diperoleh dalam penelitian
dianalisis dengan regresi linier dengan tiga prediktor, yang sebelumnya dilakukan
uji prasyarat analis yaitu uji normalitas data, uji linieritas, uji multikolinearitas dan
uji heterokesdastisitas
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh yang
signifikan peran komite sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo
tahun 2005 dimana (p > 0,05 yaitu p = 0,196 atau t hitung 1,307 < t tabel 1,70); (2)
tidak terdapat pengaruh yang signifikan peran pengawas sekolah terhadap kinerja
guru di SMA Negeri 7 Purworejo tahun 2005 dimana (p > 0,05 yaitu p = 0,325 atau
t hitung 0,992< t tabel 1,734); (3) terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan
kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo tahun 2005
dimana (p < 0,05 yaitu p = 0,000 atau t hitung 4,748> t tabel 1,739); (4) terdapat
pengaruh yang signifikan secara bersama-sama komite, pengawas dan
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 7 Purworejo
tahun 2005 dimana (p < 0,05 yaitu p = 0,000 atau F hitung 12,00> F tabel 2,76).
Sumbangan efektif komite sekolah 5,51%, pengawas 1,90%,
kepemimpinan kepala sekolah 30,09%. Total sumbangan efektif 37,50%, sisanya
sebesar 62,50% disumbangkan oleh variabel lain diluar penelitian.
Dari persamaan regresi, jika X1, X2, X3 makin besar, maka makin besar
pula nilai Y yang berarti makin besar peran komite, pengawas dan kepemimpinan
kepala sekolah akan makin baik pula kinerja guru. Untuk itu disarankan peran
komite, peran pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 7 lebih
ditingkatkan agar dapat menambah kinerja guru sehingga dapat meningkatkan hasil
proses belajar mengajar. |
---|