PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR DAN BUDAYA MUTU TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BANJARSARI
Penelitian ini merupakan bentuk kelanjutan dari penelitian terdahulu dengan variabel yang sama, yakni Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar, budaya mutu, dan motivasi kerja guru. Namun demikian peneliti ingin membuktikan kesesuaian hasil penelitian terdahulu di lokasi yang berbeda...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English |
Vydáno: |
2006
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/6820/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Penelitian ini merupakan bentuk kelanjutan dari penelitian terdahulu
dengan variabel yang sama, yakni Kepemimpinan transformasional kepala
sekolah dasar, budaya mutu, dan motivasi kerja guru. Namun demikian peneliti
ingin membuktikan kesesuaian hasil penelitian terdahulu di lokasi yang berbeda.
Masalah yang diteliti adakah pengaruh yang signifikan: (1) kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dasar dan budaya mutu terhadap motivasi kerja
guru (2) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar terhadap motivasi
kerja guru, dan (3) budaya mutu terhadap motivasi kerja guru.
Penelitian ini di Sekolah Dasar Kecamatan Banjarsari dengan populasi 800
guru dan sampel 260 guru. Penentuan klasifikasi sekolah sebagai sampel
menggunakan stratified random sampling. Penentuan jumlah sampel setiap
sekolah menggunakan random sampling. Metode yang dipergunakan dalam
penelitian ini adalah metode survai deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik.
Teknik analisis menggunakan korelasi dan regresi dengan menggunakan bantuan
SPSS versi 10.00. Taraf signifikansi yang dipergunakan adalah 5%.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, variabel kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dasar dan budaya mutu secara bersama-sama
memberikan pengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja guru, dengan
harga F sebesar 207.083 dengan p = 0.000 < 0.05. Kedua, variabel kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dasar memberikan pengaruh secara signifikan
terhadap motivasi kerja guru, dengan harga t-test sebesar 12.446 dengan p = 0.000
< 0.05. Ketiga, variabel budaya memberikan pengaruh secara signifikan terhadap
motivasi kerja guru, dengan harga t-test sebesar 5.875 dengan p = 0.000 < 0.05.
Harga koefisien determinasinya (R2
) sebesar 0.617, berarti kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dasar dan budaya mutu dapat menjelaskan
motivasi kerja guru sebesar 61.7%. Sumbangan Efektif X1 56,6% dan sumbangan
efektif X2 5,1% terhadap Y. |
---|