PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KETERBUKAAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus Guru Bantu dan Guru Tidak Tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) besarnya pengaruh persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) besarnya pengaruh keterbukaan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru, 3) besarnya pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, dan 4) besarn...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURWANTO , JOKO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2005
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/6766/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116491310727168
author PURWANTO , JOKO
author_facet PURWANTO , JOKO
author_sort PURWANTO , JOKO
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) besarnya pengaruh persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) besarnya pengaruh keterbukaan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru, 3) besarnya pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, dan 4) besarnya pengaruh persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah, keterbukaan manajemen kepala sekolah, dan motivasi kerja guru secara simultan terhadap kinerja guru bantu dan guru tidak tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri. Populasi dan sampel diambil 40 orang guru bantu dan guru tidak tetap. Instrumen penelitian berupa angket yang diujicobakan kepada 18 orang guru SMP Negeri 1 Manyaran. Untuk mendapatkan validitas butir angket digunakan korelasi product moment dengan hasil, dari 25 item kinerja guru 25 butir dinyatakan valid, dari 25 item persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah 24 butir dinyatakan valid, dari 25 item keterbukaan manajemen kepala sekolah 24 butir dinyatakan valid, dan dari 25 item motivasi kerja guru 24 butir dinyatakan valid. Untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha, dengan hasil angket kinerja guru diperoleh nilai r = 0,9052; angket persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah diperoleh nilai r = 0,8762, angket keterbukaan manajemen kepala sekolah diperoleh nilai r = 0,8854, dan angket motivasi kerja guru diperoleh nilai r = 0,8785. Keempat variabel tersebut setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r memiliki reliabilitas tinggi. Pengujian persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, liniaritas, multikoliniaritas dan homoskedastisitas. Berdasarkan hasil uji Normalitas didapat nilai signifikansi 0,095 > 0,05 batas signifikansi, berarti data kinerja guru berdistribusi normal. Dari hasil uji liniaritas hubungan diperoleh harga : 1) hitung F Y X1 = 0,621, harga p = 0,814, 2) Y X Fhitung 2 = 0,689, harga p = 0,756, 3) Y X Fhitung 3 = 0,826, harga p = 0,631. Sedangkan harga tabel t = 4,08 , jadi seluruh harga hitung F < 4,08 dan seluruh harga p > 0,05 berarti hubungan antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) liniar sehingga dapat dipakai untuk meramalkan analisis regresi. Uji multikoliniaritas dengan korelasi product moment diperoleh harga 2 1 X X r = 0,778; harga 3 1 X X r = 0,730; harga 3 2 X X r = 0,718. Seluruh harga r di bawah 0,80 (r < 0,80) berarti tidak terjadi gejala multikoliniaritas. Dari uji t diperoleh harga 1 hitungX t = 2,322, nilai koefisiensi = 0,026; harga 2 hitungX t = 2,606, nilai koefisiensi = 0,296, harga 3 hitungX t = 3,164, nilai koefisiensi = 0,003. Dengan demikian semua variabel bebas (X) secara parsial berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel terkat (Y) dengan tingkat kepercayaan 95%. Uji Anova diperoleh harga hitung F = 78,939 dengan nilai signifikansi 0,000, berarti seluruh variabel bebas (X) secara simultan berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel terikat Y, dengan tingkat kepercayaan 95%. Sumbangan efektif (SE) 1 X =2,0%, (SE) 2 X =5,9%, (SE) 3 X = 78,9% sedangkan sumbangan relatif (SR) 1 X =2,30%, (SR) 2 X = 6,80%, (SR) 3 X = 90,90%
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:6766
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2005
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:6766 https://eprints.ums.ac.id/6766/ PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KETERBUKAAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus Guru Bantu dan Guru Tidak Tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri PURWANTO , JOKO L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) besarnya pengaruh persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) besarnya pengaruh keterbukaan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru, 3) besarnya pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, dan 4) besarnya pengaruh persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah, keterbukaan manajemen kepala sekolah, dan motivasi kerja guru secara simultan terhadap kinerja guru bantu dan guru tidak tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri. Populasi dan sampel diambil 40 orang guru bantu dan guru tidak tetap. Instrumen penelitian berupa angket yang diujicobakan kepada 18 orang guru SMP Negeri 1 Manyaran. Untuk mendapatkan validitas butir angket digunakan korelasi product moment dengan hasil, dari 25 item kinerja guru 25 butir dinyatakan valid, dari 25 item persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah 24 butir dinyatakan valid, dari 25 item keterbukaan manajemen kepala sekolah 24 butir dinyatakan valid, dan dari 25 item motivasi kerja guru 24 butir dinyatakan valid. Untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha, dengan hasil angket kinerja guru diperoleh nilai r = 0,9052; angket persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah diperoleh nilai r = 0,8762, angket keterbukaan manajemen kepala sekolah diperoleh nilai r = 0,8854, dan angket motivasi kerja guru diperoleh nilai r = 0,8785. Keempat variabel tersebut setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r memiliki reliabilitas tinggi. Pengujian persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, liniaritas, multikoliniaritas dan homoskedastisitas. Berdasarkan hasil uji Normalitas didapat nilai signifikansi 0,095 > 0,05 batas signifikansi, berarti data kinerja guru berdistribusi normal. Dari hasil uji liniaritas hubungan diperoleh harga : 1) hitung F Y X1 = 0,621, harga p = 0,814, 2) Y X Fhitung 2 = 0,689, harga p = 0,756, 3) Y X Fhitung 3 = 0,826, harga p = 0,631. Sedangkan harga tabel t = 4,08 , jadi seluruh harga hitung F < 4,08 dan seluruh harga p > 0,05 berarti hubungan antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) liniar sehingga dapat dipakai untuk meramalkan analisis regresi. Uji multikoliniaritas dengan korelasi product moment diperoleh harga 2 1 X X r = 0,778; harga 3 1 X X r = 0,730; harga 3 2 X X r = 0,718. Seluruh harga r di bawah 0,80 (r < 0,80) berarti tidak terjadi gejala multikoliniaritas. Dari uji t diperoleh harga 1 hitungX t = 2,322, nilai koefisiensi = 0,026; harga 2 hitungX t = 2,606, nilai koefisiensi = 0,296, harga 3 hitungX t = 3,164, nilai koefisiensi = 0,003. Dengan demikian semua variabel bebas (X) secara parsial berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel terkat (Y) dengan tingkat kepercayaan 95%. Uji Anova diperoleh harga hitung F = 78,939 dengan nilai signifikansi 0,000, berarti seluruh variabel bebas (X) secara simultan berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel terikat Y, dengan tingkat kepercayaan 95%. Sumbangan efektif (SE) 1 X =2,0%, (SE) 2 X =5,9%, (SE) 3 X = 78,9% sedangkan sumbangan relatif (SR) 1 X =2,30%, (SR) 2 X = 6,80%, (SR) 3 X = 90,90% 2005 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6766/1/Q100030095.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6766/2/Q100030095.pdf PURWANTO , JOKO (2005) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KETERBUKAAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus Guru Bantu dan Guru Tidak Tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100030095
spellingShingle L Education (General)
PURWANTO , JOKO
PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KETERBUKAAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus Guru Bantu dan Guru Tidak Tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri
title PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KETERBUKAAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus Guru Bantu dan Guru Tidak Tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri
title_full PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KETERBUKAAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus Guru Bantu dan Guru Tidak Tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri
title_fullStr PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KETERBUKAAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus Guru Bantu dan Guru Tidak Tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri
title_full_unstemmed PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KETERBUKAAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus Guru Bantu dan Guru Tidak Tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri
title_short PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KETERBUKAAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus Guru Bantu dan Guru Tidak Tetap di SMP Negeri Pracimantoro, Wonogiri
title_sort pengaruh supervisi kepala sekolah keterbukaan manajemen kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru studi kasus guru bantu dan guru tidak tetap di smp negeri pracimantoro wonogiri
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/6766/
work_keys_str_mv AT purwantojoko pengaruhsupervisikepalasekolahketerbukaanmanajemenkepalasekolahdanmotivasikerjaguruterhadapkinerjagurustudikasusgurubantudangurutidaktetapdismpnegeripracimantorowonogiri