PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2004

Masalah yang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya sumber daya manusia. Salah satu cara untuk meningkatkan mutut pendidikan adalah dengan meningkatkan kinerja guru. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan kinerja guru diantaranya ada...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: SUPARNO, SUPARNO
Format: Thèse
Langue:English
English
Publié: 2005
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/6726/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
_version_ 1804994588015853568
author SUPARNO, SUPARNO
author_facet SUPARNO, SUPARNO
author_sort SUPARNO, SUPARNO
collection ePrints
description Masalah yang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya sumber daya manusia. Salah satu cara untuk meningkatkan mutut pendidikan adalah dengan meningkatkan kinerja guru. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan kinerja guru diantaranya adalah kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru serta pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru, di SMA Negeri Kabupaten Wonogiri Tahun 2004. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian sesudah kejadian atau ex post facto design, dengan menggunakan angket penelitian yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengambilan sampel dengan cara acak, dengan mengambil 20% sampai dengan 25% dari seluruh guru di SMA Negeri Kabupaten Wonogiri. Hasil uji hipotesis secara simultan antara kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru diperoleh nilai signifikan ( P ) = 0,00 < 5% dan Fhitung = 67,883. Sedangkan Ftabel ( 1% ) = 4,80 dan Ftabel ( 5% ) = 3,080, jadi Fhitung > Ftabel ( 1% ) > Ftabel ( 5% ), sedangkan persamaan regresinya adalah Y = 18,931 + 0,271 X1 + 0,555 X2. Hasil uji hipotesis secara parsial antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru diperoleh nilai signifikan ( P ) = 0,017 < 0,05 dan thitung = 2,437. Sedangkan ttabel ( 5% ) = 1,980, sehingga thitung > ttabel. Hasil uji hipotesis antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru diperoleh nilai signifikan ( P ) = 0,000 < 5% dan nilai thitung = 6,274. Sedangkan ttabel = 1,980, sehingga thitung > ttabel. Dari hasil uji hipotesis tersebut terbukti bahwa ada pengaruh yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru serta antara kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru, di SMA Negeri Kabupaten Wonogiri Tahun 2004. Sumbangan relatif dan efektif kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah 25,06% dan 14,26%, sumbangan relatif dan efektif lingkungan kerja terhadap kinerja guru adalah 34,57% dan 19,67%, sedangkan sumbangan relatif dan efektif secara simultan kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru adalah 59,63% dan 33,93%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:6726
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2005
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:6726 https://eprints.ums.ac.id/6726/ PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2004 SUPARNO, SUPARNO L Education (General) Masalah yang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya sumber daya manusia. Salah satu cara untuk meningkatkan mutut pendidikan adalah dengan meningkatkan kinerja guru. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan kinerja guru diantaranya adalah kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru serta pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru, di SMA Negeri Kabupaten Wonogiri Tahun 2004. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian sesudah kejadian atau ex post facto design, dengan menggunakan angket penelitian yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengambilan sampel dengan cara acak, dengan mengambil 20% sampai dengan 25% dari seluruh guru di SMA Negeri Kabupaten Wonogiri. Hasil uji hipotesis secara simultan antara kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru diperoleh nilai signifikan ( P ) = 0,00 < 5% dan Fhitung = 67,883. Sedangkan Ftabel ( 1% ) = 4,80 dan Ftabel ( 5% ) = 3,080, jadi Fhitung > Ftabel ( 1% ) > Ftabel ( 5% ), sedangkan persamaan regresinya adalah Y = 18,931 + 0,271 X1 + 0,555 X2. Hasil uji hipotesis secara parsial antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru diperoleh nilai signifikan ( P ) = 0,017 < 0,05 dan thitung = 2,437. Sedangkan ttabel ( 5% ) = 1,980, sehingga thitung > ttabel. Hasil uji hipotesis antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru diperoleh nilai signifikan ( P ) = 0,000 < 5% dan nilai thitung = 6,274. Sedangkan ttabel = 1,980, sehingga thitung > ttabel. Dari hasil uji hipotesis tersebut terbukti bahwa ada pengaruh yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru serta antara kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru, di SMA Negeri Kabupaten Wonogiri Tahun 2004. Sumbangan relatif dan efektif kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah 25,06% dan 14,26%, sumbangan relatif dan efektif lingkungan kerja terhadap kinerja guru adalah 34,57% dan 19,67%, sedangkan sumbangan relatif dan efektif secara simultan kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru adalah 59,63% dan 33,93%. 2005 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6726/1/Q100010135.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6726/2/Q100010135.pdf SUPARNO, SUPARNO (2005) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2004. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100010135
spellingShingle L Education (General)
SUPARNO, SUPARNO
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2004
title PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2004
title_full PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2004
title_fullStr PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2004
title_full_unstemmed PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2004
title_short PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2004
title_sort pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di sma negeri kabupaten wonogiri tahun 2004
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/6726/
work_keys_str_mv AT suparnosuparno pengaruhkepemimpinankepalasekolahdanlingkungankerjaterhadapkinerjagurudismanegerikabupatenwonogiritahun2004