PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN HANDYCRAFT DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus UD. Wapres, Pekalongan)

UD. Wapres adalah perusahaan handycraft berbahan dasar tempurung kelapa dan enceng gondok berorientasi ekspor. Sejalan dengan perubahan zaman yang semakin maju, maka akan muncul kendala atau tantangan usaha yang berasal dari berbagai faKtor atau lingkungan perusahaan, pada dasarnya perusahaan memili...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRASETYO , BUDI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2009
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/6677/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116489688580096
author PRASETYO , BUDI
author_facet PRASETYO , BUDI
author_sort PRASETYO , BUDI
collection ePrints
description UD. Wapres adalah perusahaan handycraft berbahan dasar tempurung kelapa dan enceng gondok berorientasi ekspor. Sejalan dengan perubahan zaman yang semakin maju, maka akan muncul kendala atau tantangan usaha yang berasal dari berbagai faKtor atau lingkungan perusahaan, pada dasarnya perusahaan memiliki lingkungan yang sangat luas dan komplek yang akhirnya kuat ataupun lemah dapat berpengaruh terhadap perusahaan yang bersangkutan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka perusahaan membutuhkan suatu analisis perencanaan strategi, yang bertujuan agar dapat memperoleh keunggulan dalam bersaing dan memungkinkan manajemen perusahaan untuk mengantisipasi berbagai perubahan kondisi lingkungan internal maupun eksternal. Dalam rangka merumuskan atau menetapkan strategi di bidang pemasaran dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Analisis SWOT (Strength, Weakneses, Opportunities, Threath) yaitu identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Sebelum masuk pada analisis SWIT untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat, maka perlu diketahui apa yang menjadi faktor internal dan eksternal perusahaan, maka ditentukan rating dan bobotnya sehingga diperoleh skor faktor internal = 1,75 dan faktor eksternal = 0,5. jadi, berdasarkan kedua titik tersebut maka UD. Wapres berada pada kuadran I, artinya UD. Wapres memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:6677
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2009
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:6677 https://eprints.ums.ac.id/6677/ PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN HANDYCRAFT DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus UD. Wapres, Pekalongan) PRASETYO , BUDI HD Management, Business and Labor UD. Wapres adalah perusahaan handycraft berbahan dasar tempurung kelapa dan enceng gondok berorientasi ekspor. Sejalan dengan perubahan zaman yang semakin maju, maka akan muncul kendala atau tantangan usaha yang berasal dari berbagai faKtor atau lingkungan perusahaan, pada dasarnya perusahaan memiliki lingkungan yang sangat luas dan komplek yang akhirnya kuat ataupun lemah dapat berpengaruh terhadap perusahaan yang bersangkutan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka perusahaan membutuhkan suatu analisis perencanaan strategi, yang bertujuan agar dapat memperoleh keunggulan dalam bersaing dan memungkinkan manajemen perusahaan untuk mengantisipasi berbagai perubahan kondisi lingkungan internal maupun eksternal. Dalam rangka merumuskan atau menetapkan strategi di bidang pemasaran dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Analisis SWOT (Strength, Weakneses, Opportunities, Threath) yaitu identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Sebelum masuk pada analisis SWIT untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat, maka perlu diketahui apa yang menjadi faktor internal dan eksternal perusahaan, maka ditentukan rating dan bobotnya sehingga diperoleh skor faktor internal = 1,75 dan faktor eksternal = 0,5. jadi, berdasarkan kedua titik tersebut maka UD. Wapres berada pada kuadran I, artinya UD. Wapres memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). 2009 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6677/1/D600040067.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6677/2/D600040067.pdf PRASETYO , BUDI (2009) PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN HANDYCRAFT DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus UD. Wapres, Pekalongan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D600040067
spellingShingle HD Management, Business and Labor
PRASETYO , BUDI
PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN HANDYCRAFT DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus UD. Wapres, Pekalongan)
title PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN HANDYCRAFT DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus UD. Wapres, Pekalongan)
title_full PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN HANDYCRAFT DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus UD. Wapres, Pekalongan)
title_fullStr PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN HANDYCRAFT DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus UD. Wapres, Pekalongan)
title_full_unstemmed PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN HANDYCRAFT DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus UD. Wapres, Pekalongan)
title_short PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN HANDYCRAFT DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus UD. Wapres, Pekalongan)
title_sort penentuan strategi pemasaran handycraft dengan analisis swot studi kasus ud wapres pekalongan
topic HD Management, Business and Labor
url https://eprints.ums.ac.id/6677/
work_keys_str_mv AT prasetyobudi penentuanstrategipemasaranhandycraftdengananalisisswotstudikasusudwaprespekalongan