ANALISIS PROFIL PEDAGANG SOUVENIR DI OBYEK WISATA TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR 2009

Obyek wisata Tawangmangu tidak hanya memberi kontribusi yang begitu besar terhadap pemerintah daerah, tetapi juga merupakan alternatif bagi para penduduk sekitar untuk mempertahankan hidup yaitu dengan cara bekerja di sektor informal yaitu berdagang souvenir atau cindera mata bagi wisatawan yang ber...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SRIYADI, AGUS PAJAR
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2009
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/6519/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116487516979200
author SRIYADI, AGUS PAJAR
author_facet SRIYADI, AGUS PAJAR
author_sort SRIYADI, AGUS PAJAR
collection ePrints
description Obyek wisata Tawangmangu tidak hanya memberi kontribusi yang begitu besar terhadap pemerintah daerah, tetapi juga merupakan alternatif bagi para penduduk sekitar untuk mempertahankan hidup yaitu dengan cara bekerja di sektor informal yaitu berdagang souvenir atau cindera mata bagi wisatawan yang berkunjung di obyek tersebut, dimana hasil dari berdagang tersebut digunakan untuk menghidupi keluarganya. Judul dari penelitian ini yaitu Analisis Profil Pedagang Souvenir di Obyek Wisata Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2009. Bertujuan untuk mengetahui profil pedagang souvenir di daerah penelitian, mengetahui asal modal yang diperoleh pedagang untuk menjalankan usahanya dan mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap dinamika pendapatan pedagang souvenir di daerah penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penentuan daerah Penelitian dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengambilan responden menggunakan metode sensus, dikarenakan jumlah pedagang souvenir di daerah penelitian adalah 47 orang, sehingga responden keseluruhan yang diambil adalah berjumlah 47 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden yaitu sejumlah 38 responden atau sebesar 80,85 persen adalah memiliki usia di bawah 47 tahun, sedangkan responden yang memiliki usia di atas 47 tahun adalah hanya sejumlah 9 resonden atau sebesar 19,15 persen dan tingkat pendidikan responden sebagian besar yaitu sejumlah 29 responden atau sebesar 61,71 persen memiliki tingkat pendidikan tingkat SMA, 11 responden atau sebesar 23,40 persen tingkat SD dan 7 responden atau sebesar 14,89 persen memiliki tingkat pendidikan SMP. Jenis kelamin pedagang yaitu terdapat sejumlah 18 pedagang atau sebesar 38,30 persen memiliki jenis kelamin laki-laki dan 29 pedagang atau sebesar 61,70 persen memiliki jenis kelamin perempuan. Jumlah tanggungan keluarga responden sebagian besar adalah 3 orang yaitu terdapat responden sejumlah 32 responden atau sebesar 68,90 persen dan responden yang memiliki jumlah tanggungan keluarga < 2 orang adalah sejumlah 9 responden atau sebesar 19,15 persen, sedangkan responden yang memiliki jumlah tanggungan keluarga > 4 orang terdapat sejumlah 6 responden atau sebesar 12,76 persen. Daerah asal responden yaitu Tengklik sejumlah 1 responden atau 2,13 persen, Nglebak sejumlah 10 responden atau 21,28 persen, Sepanjang sejumlah 2 responden atau 4,26 persen, Tawangmangu sejumlah 26 responden atau 55,32 persen dan Kalisoro sejumlah 8 responden atau 17,02 persen. Modal yang digunakan responden sebagian besar berasal dari modal pinjaman yaitu terdapat sejumlah 26 responden atau sebesar 55,32 persen pedagang yang memiliki modal usaha dari meminjam modal dari bank BRI dan Pegadaian, hal ini disebabkan peminjaman modal tidak sulit dan bunga yang dikenakan tidak besar serta menggunakan system angsuran. Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi dinamika pendapatan yang diterima responden pedagang souvenir di daerah penelitian adalah faktor modal usaha. Terbukti dari hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh taraf signifikan r tabel 5 % = 0,288 lebih kecil dibandingkan r hasil analisa = 0,834.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:6519
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2009
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:6519 https://eprints.ums.ac.id/6519/ ANALISIS PROFIL PEDAGANG SOUVENIR DI OBYEK WISATA TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR 2009 SRIYADI, AGUS PAJAR G Geography (General) Obyek wisata Tawangmangu tidak hanya memberi kontribusi yang begitu besar terhadap pemerintah daerah, tetapi juga merupakan alternatif bagi para penduduk sekitar untuk mempertahankan hidup yaitu dengan cara bekerja di sektor informal yaitu berdagang souvenir atau cindera mata bagi wisatawan yang berkunjung di obyek tersebut, dimana hasil dari berdagang tersebut digunakan untuk menghidupi keluarganya. Judul dari penelitian ini yaitu Analisis Profil Pedagang Souvenir di Obyek Wisata Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2009. Bertujuan untuk mengetahui profil pedagang souvenir di daerah penelitian, mengetahui asal modal yang diperoleh pedagang untuk menjalankan usahanya dan mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap dinamika pendapatan pedagang souvenir di daerah penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penentuan daerah Penelitian dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengambilan responden menggunakan metode sensus, dikarenakan jumlah pedagang souvenir di daerah penelitian adalah 47 orang, sehingga responden keseluruhan yang diambil adalah berjumlah 47 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden yaitu sejumlah 38 responden atau sebesar 80,85 persen adalah memiliki usia di bawah 47 tahun, sedangkan responden yang memiliki usia di atas 47 tahun adalah hanya sejumlah 9 resonden atau sebesar 19,15 persen dan tingkat pendidikan responden sebagian besar yaitu sejumlah 29 responden atau sebesar 61,71 persen memiliki tingkat pendidikan tingkat SMA, 11 responden atau sebesar 23,40 persen tingkat SD dan 7 responden atau sebesar 14,89 persen memiliki tingkat pendidikan SMP. Jenis kelamin pedagang yaitu terdapat sejumlah 18 pedagang atau sebesar 38,30 persen memiliki jenis kelamin laki-laki dan 29 pedagang atau sebesar 61,70 persen memiliki jenis kelamin perempuan. Jumlah tanggungan keluarga responden sebagian besar adalah 3 orang yaitu terdapat responden sejumlah 32 responden atau sebesar 68,90 persen dan responden yang memiliki jumlah tanggungan keluarga < 2 orang adalah sejumlah 9 responden atau sebesar 19,15 persen, sedangkan responden yang memiliki jumlah tanggungan keluarga > 4 orang terdapat sejumlah 6 responden atau sebesar 12,76 persen. Daerah asal responden yaitu Tengklik sejumlah 1 responden atau 2,13 persen, Nglebak sejumlah 10 responden atau 21,28 persen, Sepanjang sejumlah 2 responden atau 4,26 persen, Tawangmangu sejumlah 26 responden atau 55,32 persen dan Kalisoro sejumlah 8 responden atau 17,02 persen. Modal yang digunakan responden sebagian besar berasal dari modal pinjaman yaitu terdapat sejumlah 26 responden atau sebesar 55,32 persen pedagang yang memiliki modal usaha dari meminjam modal dari bank BRI dan Pegadaian, hal ini disebabkan peminjaman modal tidak sulit dan bunga yang dikenakan tidak besar serta menggunakan system angsuran. Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi dinamika pendapatan yang diterima responden pedagang souvenir di daerah penelitian adalah faktor modal usaha. Terbukti dari hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh taraf signifikan r tabel 5 % = 0,288 lebih kecil dibandingkan r hasil analisa = 0,834. 2009 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6519/1/E100050048.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6519/2/E100050048.pdf SRIYADI, AGUS PAJAR (2009) ANALISIS PROFIL PEDAGANG SOUVENIR DI OBYEK WISATA TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. E100050048
spellingShingle G Geography (General)
SRIYADI, AGUS PAJAR
ANALISIS PROFIL PEDAGANG SOUVENIR DI OBYEK WISATA TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR 2009
title ANALISIS PROFIL PEDAGANG SOUVENIR DI OBYEK WISATA TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR 2009
title_full ANALISIS PROFIL PEDAGANG SOUVENIR DI OBYEK WISATA TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR 2009
title_fullStr ANALISIS PROFIL PEDAGANG SOUVENIR DI OBYEK WISATA TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR 2009
title_full_unstemmed ANALISIS PROFIL PEDAGANG SOUVENIR DI OBYEK WISATA TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR 2009
title_short ANALISIS PROFIL PEDAGANG SOUVENIR DI OBYEK WISATA TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR 2009
title_sort analisis profil pedagang souvenir di obyek wisata tawangmangu kabupaten karanganyar 2009
topic G Geography (General)
url https://eprints.ums.ac.id/6519/
work_keys_str_mv AT sriyadiaguspajar analisisprofilpedagangsouvenirdiobyekwisatatawangmangukabupatenkaranganyar2009