HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI BOYOLALI

Untuk mendapatkan anak yang sehat, cerdas dan sesuai dengan tumbuh kembangnya seorang anak membutuhkan pemenuhan semua kebutuhan fisik, psikologis, sosial, dan spiritualnya. Tumbuh kembang yang optimal bertujuan untuk menjadikan anak menjadi manusia yang berkualitas dengan tidak hanya sekedar tumbuh...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Cahyani, Purwanti Budi
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2009
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/6441/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116486173753344
author Cahyani, Purwanti Budi
author_facet Cahyani, Purwanti Budi
author_sort Cahyani, Purwanti Budi
collection ePrints
description Untuk mendapatkan anak yang sehat, cerdas dan sesuai dengan tumbuh kembangnya seorang anak membutuhkan pemenuhan semua kebutuhan fisik, psikologis, sosial, dan spiritualnya. Tumbuh kembang yang optimal bertujuan untuk menjadikan anak menjadi manusia yang berkualitas dengan tidak hanya sekedar tumbuh secara fisik namun juga berkemampuan untuk berdaya guna dan berhasil guna baik bagi dirinya, keluarganya, masyarakat, bangsa serta umat manusia. Oleh karena itu, masa anak perlu mendapatkan perhatian. Pengetahuan dan peranan ibu sangat bermanfaat bagi proses perkembangan anak secara keseluruhan karena orang tua dapat segera mengenali kelebihan proses perkembangan anaknya dan sedini mungkin memberikan stimulasi pada tumbuh kembang anak yang menyeluruh dalam aspek fisik, mental, dan sosial. Perkembangan motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat saraf, urat saraf, dan otot yang terkoordinasi. Pengendalian tersebut berasal dari perkembangan refleksi dan kegiatan masa yang ada pada waktu lahir. Stimulasi yang bisa dilakukan pada perkembangan motorik kasar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun di TK/Playgroup Majelis Dakwah Islam 1 “PLUS” Pandeyan Ngemplak Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode observasional korelasi. Pendekatan waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Tehnik Pengambilan Sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling total populasi dengan jumlah responden 40 orang. Alat ukur dalam penelitian adalah kuesioner dengan skala Gutman untuk tingkat pengetahuan, sementara pada perkembangan motorik kasar dengan DDST dengan kategori normal, abnormal dan meragukan. Pengujian hipotesa menggunakan uji Spearman-Rho. Hasil penelitian ini.Tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan motorik anak adalah baik. Tingkat perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun di Tk/Playgroup Majelis Dakwah Islam 1 “Plus” Pandeyan Ngemplak Boyolali adalah normal. Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun di TK/Playgroup Majelis Dakwah Islam 1 “PLUS” Pandeyan Ngemplak Boyolali deng
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:6441
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2009
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:6441 https://eprints.ums.ac.id/6441/ HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI BOYOLALI Cahyani, Purwanti Budi R Medicine (General) Untuk mendapatkan anak yang sehat, cerdas dan sesuai dengan tumbuh kembangnya seorang anak membutuhkan pemenuhan semua kebutuhan fisik, psikologis, sosial, dan spiritualnya. Tumbuh kembang yang optimal bertujuan untuk menjadikan anak menjadi manusia yang berkualitas dengan tidak hanya sekedar tumbuh secara fisik namun juga berkemampuan untuk berdaya guna dan berhasil guna baik bagi dirinya, keluarganya, masyarakat, bangsa serta umat manusia. Oleh karena itu, masa anak perlu mendapatkan perhatian. Pengetahuan dan peranan ibu sangat bermanfaat bagi proses perkembangan anak secara keseluruhan karena orang tua dapat segera mengenali kelebihan proses perkembangan anaknya dan sedini mungkin memberikan stimulasi pada tumbuh kembang anak yang menyeluruh dalam aspek fisik, mental, dan sosial. Perkembangan motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat saraf, urat saraf, dan otot yang terkoordinasi. Pengendalian tersebut berasal dari perkembangan refleksi dan kegiatan masa yang ada pada waktu lahir. Stimulasi yang bisa dilakukan pada perkembangan motorik kasar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun di TK/Playgroup Majelis Dakwah Islam 1 “PLUS” Pandeyan Ngemplak Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode observasional korelasi. Pendekatan waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Tehnik Pengambilan Sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling total populasi dengan jumlah responden 40 orang. Alat ukur dalam penelitian adalah kuesioner dengan skala Gutman untuk tingkat pengetahuan, sementara pada perkembangan motorik kasar dengan DDST dengan kategori normal, abnormal dan meragukan. Pengujian hipotesa menggunakan uji Spearman-Rho. Hasil penelitian ini.Tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan motorik anak adalah baik. Tingkat perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun di Tk/Playgroup Majelis Dakwah Islam 1 “Plus” Pandeyan Ngemplak Boyolali adalah normal. Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun di TK/Playgroup Majelis Dakwah Islam 1 “PLUS” Pandeyan Ngemplak Boyolali deng 2009 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6441/1/J210070124.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/6441/2/J210070124.pdf Cahyani, Purwanti Budi (2009) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. J210070124
spellingShingle R Medicine (General)
Cahyani, Purwanti Budi
HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI BOYOLALI
title HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI BOYOLALI
title_full HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI BOYOLALI
title_fullStr HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI BOYOLALI
title_full_unstemmed HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI BOYOLALI
title_short HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI BOYOLALI
title_sort hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3 5 tahun di boyolali
topic R Medicine (General)
url https://eprints.ums.ac.id/6441/
work_keys_str_mv AT cahyanipurwantibudi hubunganpengetahuanibutentangstimulasidenganperkembanganmotorikkasaranakusia35tahundiboyolali