PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan teknik NHT. Objek penelitian ini adalah guru, siswa, dan aktivitas belajar mengajar yang terjadi di kelas VIII F SMP N 2 Kartasura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metod deskriptif kualitatif dengan pend...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2009
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/5745/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan teknik NHT. Objek penelitian ini adalah guru, siswa, dan aktivitas belajar mengajar yang terjadi di kelas VIII F SMP N 2 Kartasura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metod deskriptif kualitatif dengan pendekatan PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara, dan observasi langsung. Tes yang dilaksanakan dua kali yaitu pada siklus I untuk mengukur pemahaman membaca siswa dengan menggunakan
metode NHT dan siklus II untuk mengetahui hasil akhir yang diperoleh siswa setelah mengetahui masalah dan proses pemecahan setekah siklus I. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan guru bahasa Indonesia untuk merefleksikan hasil pengamatan. Observasi langsung dilakukan peneliti sendiri pada saat aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Pembelajaran dengan pendekatan kooperatif model NHT mampu menciptakan kerjasama dalam kelompok, menghargai teman
yang bicara, kerjasama, kedisiplinan, tanggung jawab, dan tercipta interaksi yang baik antar sesama teman. Pembelajaran NHT juga dapat meningkatkan nilai siswa
yang nilai rata-rata pada siklus I 8,35 menjadi 9,47 pada siklus II. |
---|