EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY AND INQUIRY DAN SCRAMBLE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Discovery and Inquiry dan Scramble terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARI, AGITA PRAMITA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13817/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995978423435264
author SARI, AGITA PRAMITA
author_facet SARI, AGITA PRAMITA
author_sort SARI, AGITA PRAMITA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Discovery and Inquiry dan Scramble terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit tahun ajaran 2010/ 2011 sebanyak 6 kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil siswa dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel motivasi belajar dan metode tes untuk variabel prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian 2 jalan dengan frekuensi sel tak sama, uji lanjut yang digunakan adalah metode Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Discovery and Inquiry lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Scramble, dengan harga statistik uji FA > Ftabel, yaitu 5,045 > 4,020 dan rata-rata nilai prestasi belajar dari siswa yang dikenai model pembelajaran Discovery and Inquiry lebih besar dari model Scramble, yaitu 66,53 > 59,87. (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan harga statistik uji Fb > Ftabel, yaitu 9,730 > 3,168. (3) Tidak ada efek interaksi antara model pembelajaran Discovery and Inquiry dan model pembelajaran Scramble ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, dengan harga statistik uji Fab < Ftabel, yaitu 0,523 < 3,168.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13817
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13817 https://eprints.ums.ac.id/13817/ EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY AND INQUIRY DAN SCRAMBLE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI SARI, AGITA PRAMITA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Discovery and Inquiry dan Scramble terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit tahun ajaran 2010/ 2011 sebanyak 6 kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil siswa dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel motivasi belajar dan metode tes untuk variabel prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian 2 jalan dengan frekuensi sel tak sama, uji lanjut yang digunakan adalah metode Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Discovery and Inquiry lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Scramble, dengan harga statistik uji FA > Ftabel, yaitu 5,045 > 4,020 dan rata-rata nilai prestasi belajar dari siswa yang dikenai model pembelajaran Discovery and Inquiry lebih besar dari model Scramble, yaitu 66,53 > 59,87. (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan harga statistik uji Fb > Ftabel, yaitu 9,730 > 3,168. (3) Tidak ada efek interaksi antara model pembelajaran Discovery and Inquiry dan model pembelajaran Scramble ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, dengan harga statistik uji Fab < Ftabel, yaitu 0,523 < 3,168. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13817/1/2._Cover-Abstak_AGITA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13817/2/3._BAB_I_AGITA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13817/4/4._BAB_II_AGITA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13817/8/5._BAB_III_AGITA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13817/10/6._BAB_IV_AGITA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13817/11/7._BAB_V_AGITA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13817/15/8._Daftar_pustaka_AGITA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13817/17/9._Lampiran-lampiran_AGITA.pdf SARI, AGITA PRAMITA (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY AND INQUIRY DAN SCRAMBLE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070116
spellingShingle LB Theory and practice of education
SARI, AGITA PRAMITA
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY AND INQUIRY DAN SCRAMBLE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI
title EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY AND INQUIRY DAN SCRAMBLE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI
title_full EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY AND INQUIRY DAN SCRAMBLE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI
title_fullStr EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY AND INQUIRY DAN SCRAMBLE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI
title_full_unstemmed EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY AND INQUIRY DAN SCRAMBLE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI
title_short EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY AND INQUIRY DAN SCRAMBLE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI
title_sort eksperimentasi pembelajaran matematika dengan model discovery and inquiry dan scramble ditinjau dari motivasi belajar pada siswa kelas viii semester ii smp negeri 3 sawit boyolali
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13817/
work_keys_str_mv AT sariagitapramita eksperimentasipembelajaranmatematikadenganmodeldiscoveryandinquirydanscrambleditinjaudarimotivasibelajarpadasiswakelasviiisemesteriismpnegeri3sawitboyolali