EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen )
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar matematika. (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Popul...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13815/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995977879224320 |
---|---|
author | ERAWATI, PEBRIANA |
author_facet | ERAWATI, PEBRIANA |
author_sort | ERAWATI, PEBRIANA |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar matematika. (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SLTP N 2 Sambirejo Tahun 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5%, diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar siswa dengan Fa =17,397, (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fb =13,876, (3) Tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fab = 0,809. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13815 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13815 https://eprints.ums.ac.id/13815/ EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen ) ERAWATI, PEBRIANA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar matematika. (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SLTP N 2 Sambirejo Tahun 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5%, diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar siswa dengan Fa =17,397, (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fb =13,876, (3) Tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fab = 0,809. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13815/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13815/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13815/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13815/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13815/8/Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13815/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13815/12/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13815/21/Lampiran-Lampiran.pdf ERAWATI, PEBRIANA (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070070 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education ERAWATI, PEBRIANA EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen ) |
title | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen ) |
title_full | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen ) |
title_fullStr | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen ) |
title_full_unstemmed | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen ) |
title_short | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen ) |
title_sort | eksperimentasi pembelajaran matematika melalui metode learning start with a question lsq dan student teams achiviement devisions stad ditinjau dari kemampuan awal pada kelas vii semester ii smp n 2 sambirejo sragen |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13815/ |
work_keys_str_mv | AT erawatipebriana eksperimentasipembelajaranmatematikamelaluimetodelearningstartwithaquestionlsqdanstudentteamsachiviementdevisionsstadditinjaudarikemampuanawalpadakelasviisemesteriismpn2sambirejosragen |