PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTION (SBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep luas permukaan dan volume balok melalui pendekatan pembelajaran Schema-based Instruction dalam pemecahan persoalan matematika. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas V...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RACHMAWATI, NUFIKA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13814/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995977606594560
author RACHMAWATI, NUFIKA
author_facet RACHMAWATI, NUFIKA
author_sort RACHMAWATI, NUFIKA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep luas permukaan dan volume balok melalui pendekatan pembelajaran Schema-based Instruction dalam pemecahan persoalan matematika. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VIII, yang dilaksanakan dalam tiga putaran. Subyek penelitian, guru kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VIIIPK yang berjumlah 24 orang sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam menjawab pertanyaan, dari 17% menjadi 62%; 2) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mengajukan pertanyaan, dari 12% menjadi 50%; 3) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mengerjakan soal secara mandiri, dari 29% menjadi 87%; 4) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mempresentasikan hasil pekerjaan, dari 8% menjadi 42%; dan 5) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mengerjakan PR, dari 80% menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Schema-Based Instruction dalam pemecahan persoalan matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13814
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13814 https://eprints.ums.ac.id/13814/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTION (SBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) RACHMAWATI, NUFIKA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep luas permukaan dan volume balok melalui pendekatan pembelajaran Schema-based Instruction dalam pemecahan persoalan matematika. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VIII, yang dilaksanakan dalam tiga putaran. Subyek penelitian, guru kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VIIIPK yang berjumlah 24 orang sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam menjawab pertanyaan, dari 17% menjadi 62%; 2) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mengajukan pertanyaan, dari 12% menjadi 50%; 3) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mengerjakan soal secara mandiri, dari 29% menjadi 87%; 4) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mempresentasikan hasil pekerjaan, dari 8% menjadi 42%; dan 5) Ada peningkatan pemahaman siswa dalam mengerjakan PR, dari 80% menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Schema-Based Instruction dalam pemecahan persoalan matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13814/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13814/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13814/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13814/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13814/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13814/7/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13814/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13814/13/09._Lampiran.pdf RACHMAWATI, NUFIKA (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTION (SBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070007
spellingShingle LB Theory and practice of education
RACHMAWATI, NUFIKA
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTION (SBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTION (SBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTION (SBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTION (SBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTION (SBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCHEMA-BASED INSTRUCTION (SBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort peningkatan pemahaman konsep luas permukaan dan volume balok melalui pendekatan pembelajaran schema based instruction sbi ptk pembelajaran matematika kelas viii semester genap smp muhammadiyah 7 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13814/
work_keys_str_mv AT rachmawatinufika peningkatanpemahamankonsepluaspermukaandanvolumebalokmelaluipendekatanpembelajaranschemabasedinstructionsbiptkpembelajaranmatematikakelasviiisemestergenapsmpmuhammadiyah7surakartatahunajaran20102011